Breaking News

Pungus Sosialisasikan Perda KTR di Kecamatan Tomohon Utara


Tomohon,CM- Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Tomohon melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Tomohon Nomor 11 tahun 2016 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), untuk Kelurahan Kakaskasen dan Kakaskasen Tiga, Kecamatan Tomohon Utara. Senin (18/03/19).

Sosialisasi dibuka oleh sekretaris DPRD Kota Tomohon yang diwakili oleh Kepala Bagian Persidangan Sigie Pungus SH. Sementara, narasumber dalam kegiatan ini Anggota DPRD Piet H.K Pungus dari fraksi Partai Golkar dan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian, pencegahan penyakit dan kesehatan lingkungan (P3KL) Dinas Kesehatan, Marthen Manua. 

"Dilahirkannya Peraturan Daerah Kota Tomohon nomor 11 tahun 2016 tentang kawasan tanpa rokok sebagai upaya untuk melindungi hak masyarakat dalam mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya melalui pengendalian terhadap bahaya asap rokok. di kota Tomohon." kata Pungus.

Lanjutnya, “Tujuan dari perda ini, untuk memenuhi hak masyarakat menikmati udara yang bersih dan sehat di kota Tomohon, memberikan perlindungan efektif terhadap paparan asap rokok, mencegah perokok pemula serta melindungi kesehatan masyarakat dari dampak buruk asap rokok baik langsung maupun tidak” aku dia.

Ditambahkannya, "Kawasan tanpa rokok berlaku di lingkungan sekolah dari PAUD sampai ke Universitas, kantor-kantor Pemerintah ,swasta, kantor TNI/Polri,fasilitas umum seperti terminal, Rumah sakit, mall ,swalayan .tempat usaha, kendaraan umum, bus, tempat pariwisata,serta fasilitas umum lainya." Urainya.

Diketahui Perda ini telah diperlakukan. Ini sanksi yang dikenakan, diantaranya teguran, denda, dan kurungan badan. Selain itu, jika terbukti melanggar perda maka sanksinya untuk perseorangan diatur kurungan badan maksimal 3 bulan atau denda 500 ribu. (micky)

Tidak ada komentar