Breaking News

Pemkab Bualemo Belajar JRA di Tomohon


Tomohon,CM- Pemerintah Kota Tomohon tahun 2019 ini berusia 16 tahun. Usia tersebut dinilai masih seumur jagung, dibandingkan dengan daerah lainnya di Sulawesi Utara, namun dibawah kepemimpinan Walikota Tomohon Jimmy F. Eman SE.Ak, mampu menjadikan kota sejuk semakin baik serta Tangguh, baik infrastruktur dan administrasi pemerintahannya.

Semakin Tangguhnya Kota Tomohon, makin dilirik daerah lainnya di seantero Nusantara. Salah satunya, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo melakukan kunjungan Kerja (Kunker) terkait Bimbingan Teknis mengenai jadwal Retensi Arsip (JRA), yang diterima oleh Walikota Tomohon diwakili oleh Asisten Umum Ir. Corry Caroles, bertempat di ruang rapat lantai III Sekretariat Daerah, kamis (14/3/19).

Pada kesempatan itu, Bupati Boalemo diwakili Sukardi Jakatara, Staf Ahli Bidang Politik juga selaku pimpinan rombongan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Tomohon yang telah menerima dengan baik kunjungan kerja ini.

"Tujuan kedatangan ini, dalam rangka silaturahmi sekaligus melihat sejauh mana pendokumentasian arsip serta lainnya di Pemkot Tomohon, karena kami menilai, Tomohon dikenal baik dalam hal pengarsipannya, dan semoga Kabupaten Boalemo dapat mengikuti jejak tersebut." aku Jakatara.

Sementara, Walikota Tomohon dalam sambutannya diwakili Asisten Umum mengucapkan selamat datang kepada para rombongan dari Kabupaten Boalemo, semoga kunjungan ini dapat memberikan dampak positif dan lebih terjalinnya hubungan baik antara Tomohon dan Boalemo.

"Memiliki JRA bagi pemerintah lebih khusus di Kota Tomohon adalah sebuah kewajiban, sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Berdasarkan hal tersebut, maka pemerintah Kota Tomohon sedang mengupayakan ditetapkannya Jadwal Retensi Arsip (JRA) bagi seluruh SKPD di Kota Tomohon untuk mentaati peraturan hukum yang ada." jelas Eman.

Lanjutnya, Program/ kegiatan dibidang kearsipan terlebih kewajiban penyusunan JRA PAD tiap SKPD dibawah bimbingan Dinas Teknis Kearsipan, dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kota Tomohon.

"Melihat betapa pentingnya informasi bagi setiap organisasi baik pemerintah maupun swasta di era keterbukaan seperti ini, maka diharapkan apa yang sudah dan sedang diterapkan pada Pemkot Tomohon dalam hal kearsipan dapat memberi manfaat untuk lebih memahami akan pentingnya penyelenggaraan kearsipan." ujar Eman.

Dalam kegiatan ini diakhiri penyerahan cinderamata antara Pemkot Tomohon dan Pemkab Boalemo.

Rombongan Kunker diantaranya Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Boalemo Dra. Monru Mopangga serta para pejabat lainnya. (micky)

Tidak ada komentar