Breaking News

Bawaslu Mitra: Parangkat Desa, BPD, Pengurus Ormas Harus Mundur

Ketua Bawaslu Mitra Drs Jobie Longkutoy
CahayaManado.co.id, Mitra - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Tenggara (Mitra) menegaskan Perangkat Desa, BPD dan Pengurus Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) harus mundur sebagai penyelenggara Pemilu Panwascam, PPD dan PTPS.

"Kami periksa pada perekrutan Panwascam lalu (2017,red)  berdasarkan biodata yang mereka masukan tidak mencantumkan pekerjaan lainnya (Perangkat Desa, BPD,red). Namun syarat dan ketentuannya sudah kami pampang di kantor Bawaslu dan diinformasikan secara luas. Belakang diketahui ternyata ada Perangkat Desa, BPD," ungkap Ketua Bawaslu Mitra Drs. Jobie Longkutoy via handphone Selasa (12/3) siang ini.

"Mereka harus mundur. Juga Pengurus Ormas kalau berbadan hukum harus mundur," ungkapnya.

Ditambahkan untuk perekrutan selanjutnya, saat ini sudah tidak ada perangkat desa dan BPD untuk PPD dan PTPS.

"Rekrut selanjutnya sudah tidak ada perangkat desa," tegasnya Longkutoy.

Sementara untuk PAW salah satu anggota Panwascam Otnie Tamod yang sudah menjadi anggota KPU Mitra merupakan kewenangan Bawaslu Provinsi.

"Itu bukan kewenangan kami tapi provinsi," jelas Longkutoy.

Diketahui, saat ini terdapat beberapa anggota Panwaslu Kecamatan yang menduduki jabatan pemerintahan dan Pengurus Ormas.

"Harus ada efek jerah kalau aturan tidak ditegakan kami minta Ketua Bawaslu Mundur dengan penuh Ksatria," ungkap Sony Pondalos salah satu aktivis Pemuda Mitra melalui WAG Bincang Pemilu Sehat.(RSL)

Tidak ada komentar