Breaking News

Bahas Perbup Mitra, TA PED: BUMDes Harus Buka Rekening Sendiri

TA PED Silvia Sondak SE saat memaparkan materi pada IST Pendamping Desa Profesional Se-Mitra.(foto:rl)
CahayaManado.co.id, MITRA - Mulai Tahun 2019 ini Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diwajibkan untuk memiliki rekening sendiri dan dana desa untuk BUMDes harus ditranfer ke rekening BUMDes. Hal ini diungkapkan Tenaga Ahli (TA) Pengembangan Ekonomi Desa (PED) Minahasa Tenggara (Mitra), Silvia Sondakh,SE pada kegiatan Internal Service Training (IST) untuk Pendamping Desa Kecamatan dan PDTI se-Mitra, Rabu (27/3).

Menurut Sondakh semua Pendamping Desa di Mitra wajib menyampaikan bahwa dana BUMDes agar benar-benar dikelola oleh pengurusnya dan sistem palaporan keuangannya tidak simpangsiur agar semua dapat dipertanggungjawaban dengan baik.

"Semua pendamping diminta untuk menekankan dana ditranfer direkening BUMDes dan mohon dipastikan dikelola secara baik dan benar sesuai regulasi yang ada," tegas Wanita Enerjik ini di hadapan Puluhan Pendamping Desa Profesional.

Ditambahkannya Pengurus BUMDes juga wajib mendapat pelatihan penguatan kapasitas terkait regulasi sampai pada pengelolaan dan pelaporan keuangan.

"Karena kedepan BUMDes akan menjadi fokus pemeriksaan untuk itu merupakan tanggungjawab kita bersama mendampingi agar tidak ada masalah kedepan," tukasnya.

Hadir juga sebagai Pemateri IST Korkab TA PMD Maxi Alouw,
Riske Keintjem TA ID , Frits Rawung TA PP.

Diketahui, untuk memaksimalkan pendampingan di desa Tim Tenaga Ahli Pendamping Desa Minahasa Tenggara mengadakan IST yang juga membahas Pengkajian Perbup Minahasa Tenggara nomor 38 Tahun 2018 tentang pedoman dan tata cara pendirian, pengurusan, pengelolaan, pendanaan, pembubaran, pembinaan dan pengawasan Badan Usaha Milik Desa serta Evaluasi kinerja, Pembahasan dan diskusi terkait dengan solusi untuk pendampingan teknik infrastruktur di Desa-desa.(***)

Tidak ada komentar