Breaking News

Mudahkan Masyarakat Tomohon, Tulus Akan Terapkan Layanan Digital


Tomohon,CM- Pemerintah Pusat yakni Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), terus meluncurkan terobosan baru, dalam melayani masyarakat.

Terobosan baru yakni Dukcapil Go Digital, ini  diluncurkan oleh Ditjen Dukcapil pada pelaksanan Rapat Koordinasi Nasional I Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) se-Indonesia, yang diselenggarakan di Fourpoints by Sheraton, Makassar, Kamis hingga Sabtu (7-9/2/2019).


Sementara Kepala Dinas Dukcapil Albert J Tulus SH, disela kegiatan Rakornas mengatakan, sesuai amanat Pemerintah pusat, Kota Tomohon siap menjalankan produk Dukcapil Go Digital. Terobosan dari Ditjen Dukcapil ini, diyakini akan menjawab persoalan administrasi kependudukan yang terjadi di se-antero Nusantara, khususnya di Kota sejuk dibawah kaki Gunung Lokon ini.

"Layanan Dukcapil Go Digital ini, akan diterapkan pada dokumen kependudukan, khususnya tanda tangan digital. Untuk itu, kami Dikdukcapil kota Tomohon akan siap menerapkannya." aku Tulus, saat dihubungi wartawan media ini. Sabtu, (9/2/19)


Menurutnya, penggunaan tanda tangan digital ini pada dokumen kependudukan akan memudahkan masyarakat. Jika ada yang membutuhkan tanda tangan dari kepala dinas, seperti akta kelahiran dan kartu keluarga, tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantor.

"Proses dokumen kependudukan tidak akan terganggu, meski kepala dinas sedang tugas luar. Boleh tanda tangan diluar kantor melalui Aplikasi resmi dari Ditjen yang telah diinstal pada ipad atau ponsel kita." jelas Tulus. (micky)




Tidak ada komentar