Breaking News

Tulus Terbitkan e-KTP Milik Warga Asing di Kota Tomohon

Staf Operator Disdukcapil Tomohon sedang melakukan Perekaman e-KTP kepada WNI

Tomohon,CM- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Tomohon telah menerbitkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) kepada 5 Warga Negara Asing (WNA) atau Warga Asing yang telah berdomisili di Indonesia khususnya di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). 

Sesuai data yang dirangkum awak media ini dari Disdukcapil kota Tomohon, ada 22 WNA yang telah mendaftarkan diri dengan membawa kelengkapan berkas di Disdukcapil Kota Tomohon, namun baru 5 WNA yang telah mendapatkan e-KTP.

Sementara Kepala Disdukcapil Kota Tomohon Albert Yanni Tulus SH mengatakan, KTP elektronik untuk WNI berlaku seumur hidup, tetapi e-KTP WNA dibatasi waktunya berdasarkan izin tinggal tetap, diberikan pihak Imigrasi.

"Tak semua WNA bisa memiliki e-KTP, kecuali sudah mengantongi izin tinggal tetap dari kantor Imigrasi." jelas Tulus

“e-KTP yang diterbitkan untuk WNA memiliki blanko sama dengan KTP elektronik diterbitkan untuk WNI. Namun, ada beberapa perbedaan, yaitu keterangan asal warga negara dan masa berlakunya,” terang Tulus pada saat Wartawan media ini menyambangi ruangannya. Kamis, (17/1/19).

Ditambahkannya, Ada sejumlah syarat harus dipenuhi WNA jika ingin memiliki KTP elektronik. Hal ini, menurutnya diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006, Bab IV pasal 17 ayat 1 sampai 4. Menyebutkan bahwa WNA dimungkinkan mendapatkan KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK). (micky)

Tidak ada komentar