Breaking News

Pelayanan Publik di Tomohon Masuk Zona Kuning, Kepemimpinan JFE Semakin Tangguh


Tomohon,CM- Dibawah kepemimpinan Walikota Jimmy F Eman SE Ak yang berhasil menorehkan prestasi dan penghargaan dari tahun ke tahun untuk masyarakat Kota Tomohon. Diawal tahun 2019 Pemerintah Kota Tomohon mendapatkan apresiasi dan penilaian dari Ombudsman Republik Indonesia, khususnya di bidang Pelayanan publik.

Dalam kesempatan itu Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara dipimpin Helda Tirajoh SH menyerahkan hasil penilaian Ombudsman terhadap pelayanan public di Kota Tomohon tahun 2018 yang berada di angka 67,17 dari 55 produk layanan administrasi atau berada di zona kuning.

Tirajoh mengatakan pelayanan public di Kota Tomohon sudah membaik meski belum mencapai angka signifikan, dengan kata lain tidak buruk.

‘’Pelayanan publik di Kota Tomohon sudah terbilang baik. Tapi, yang harus ditambah adalah harus memiliki standar,’’ kata Tirajoh kepada sejumlah awak media usai menyerahkan hasil kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak di ruang rapat walikota, Selasa (15/1/2019),

Menurut Tirajoh, penilaian yang mereka lakulan sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

"Ini menyangkut pernilaian kepatuhan dan dilaksanakan setiap tahun sejak tahun 2015. Kota Tomohon baru dinilai tahun 2018. Namun patut bersyukur karena berada di zona kuning,’’ ujarnya.

Pelayanan publik di zona merah lanjutnya, masuk kategori buruk dan berpotensi terjadinya korupsi. Di Sulut sendiri tambah Tirajoh, untuk tahun 2018 ada dua yang memperoleh nilai baik atau berada di zona hijau yakni Provinsi Sulut dan Kota Manado. Sebagian kecil termasuk Kota Tomohon  zona kuning dan terbanyak berada di zona merah atau buruk. Dengan demikian, daerah-daerah yang berada di zona merah masuk kategori tidak patuh.

‘’Jika terjadi berulang-ulang, tentunya akan ada tindakan bagi yang berada di zona merah,’’ tukasnya.

Sementara, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak usai menerima hasil mengungkapkan, tentunya ini menjadi acuan bagi Pemkot Tomohon untuk terus berbenah.

‘’ Kami Pemerintah Kota Tomohon sudah komitmen untuk mengoreksi semua yang kurang sehingga menjadi lebih baik. Jadi, kepala SKPD yang belum memberikan pelayanan optimal menjadi penilaian kami dan dalam waktu dekat ini akan dilakukan penyeragaran atau rolling pejabat,’’ tukasnya." tutup Eman.

Hadir dalam penyerahan nilai Ombudsman, Sekretaris Kota Tomohon Ir Harld V Lolowang MSc MTh serta seluruh pejabat eselon II dan eselon III di lingkup Pemkot Tomohon. (micky)

Tidak ada komentar