Breaking News

Lama Berdomisili di Tomohon Belum Ada KTP dan KK, Disdukcapil Bantu Urus SKPWNI


Fitriani Wawo dan kedua temannya, staf Disdukcapil yang sementara melayani pemohon (Foto Micky/Ist)

CahayaManado.co.id- Tomohon yang dikenal dengan Kota Multidimensi dari segala bidang. Semakin berkembang pesat, penduduknya pun kian meningkat. 

Meningkatnya penduduk, itu dikerenakan banyaknya warga dari daerah lain yang berbondong-bondong untuk pindah berdomisili di Kota Sejuk dibawah kaki gunung Lokon ini.

Namun ada sejumlah warga dari daerah lain yang telah berdomisili bertahun-tahun di Kota Tomohon belum lengkap Administrasi kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Kendala tersebut direspon oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Masyarakat Kota Tomohon antusias mengurus kelengkapan Administrasi Kependudukan di Kantor Disdukcapil (Foto Micky/Ist)

Disdukcapil yang saat ini dipimpin oleh Albert Yanni Tulus SH membuat terobosan baru, dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat yang telah lama berdomisili di Kota Tomohon.

"Masyarakat dari daerah luar yang telah tinggal menetap bertahun-tahun di kota Tomohon menurut informasi mempunyai kendala seperti tidak memiliki biaya untuk pergi ke daerah asalnya untuk mengambil surat pindah. Ada juga yang tidak memiliki waktu karena sibuk bekerja. Kami akan memfasilitasinya dan berkordinasi dengan Disdukcapil lainnya, sesuai daerah masing-masing." kata Tulus kepada wartawan media ini diruangannya, Rabu (23/1/19).

Tulus menjelaskan, "Pemohon atau yang bersangkutan, langsung saja datang  ke Disdukcapil kota Tomohon, dengan membawa KK dan KTP dari daerah sebelumnya. Selanjutnya mengisi Formulir Permohonan Pindah Datang WNI Antar Kabupaten Kota Atau Provinsi. Setelah diisi, kami akan mengirimkan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat dimana pemohon berasal, tinggal menunggu 1 sampai 2 hari, Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) akan dikirimkan ke kita melalui Email, Fax atau pesan WhatsApp. Jika SKPWNI telah ada, KTP dan KK dari Kota Tomohon akan diterbitkan sesuai alamat yang bersangkutan menetap." jelasnya.

Ia mengakui, "Kami Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil se-Indonesia sudah menjalin hubungan baik, jadi kita berkomitmen saling melayani dan membantu untuk memudahkan setiap warga yang akan mengurus surat pindah/datang." tutup Tulus. (micky)

Tidak ada komentar