Breaking News

Semakin Tangguh, Tomohon Sabet Penghargaan Kota Toleran 2018



Jakarta,CM- Sebelumnya Kota Tomohon telah meraih penghargaan Harmoni Awards. Kali ini kota yang berada dibawah kaki Gunung Lokon, masuk dalam sepuluh besar sebagai Kota paling toleran berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) Tahun 2018 yang diumumkan oleh SETARA Institute.

Kota Tomohon dinilai sebagai salah satu Kota yang berhasil mempraktekkan toleransi paling baik, dengan perolehan skor 5,833 dan untuk penilaian IKT dilakukan SETARA  terhadap 94 Kota yang ada di Indonesia.

Menariknya, Kota Tomohon terpilih menjadi salah satu kota di Sulawesi Utara (Sulut) yang masuk dalam 10 besar pada Indeks Kota Toleran (IKT) Tahun 2018.

Penganugerahan “Kota Toleran 2018" ini, digelar di Hotel Ashley Jakarta Pusat, pada Jumat (7/12) pekan lalu, untuk Kota Tomohon penghargaannya diterima Sekretaris Kota Ir Harold Lolowang MSc didampingi Kaban Kesbangpol Theodorus Paat SIP bersama Ketua dan Sekretaris FKUB Kota Tomohon Pdt Fonny Roring STh dan Pdt Jein Aray-Mangundap STh, yang diserahkan langsung Mendagri Tjahjo Kumolo.

Pada kesempatan itu, Ketua SETARA Institute Hendardi menjelaskan tujuan penetapan indeks ini antara lain untuk mempromosikan kota-kota yang dianggap berhasil membangun dan mengembangkan toleransi di wilayahnya masing-masing.  

"Pihaknya memberlakukan empat kriteria agar sebuah kota layak dianggap toleran yakni pemerintah kota memiliki regulasi yang kondusif bagi praktek dan promosi toleransi, pernyataan dan tindakan aparatur pemerintah kota tersebut kondusif, tingkat peristiwa dan pelanggaran kebebasan keberagamaan rendah atau tidak ada sama sekali dan upaya dalam tata kelola keberagaman identitas keagamaan warganya dapat dinilai baik." jelas Hendardi.

Sementara, itu Mendagri Tjahjo Kumolo mengapresiasi penyerahan Penghargaan Indeks Kota Toleran 2018 yang diselenggarakan oleh SETARA Institute.

"Ini sesuatu hal yang menarik bahwa mengingatkan kepada kita, Indonesia adalah negara yang majemuk. Kita merdeka karena adanya berbagai agama, suku, golongan, bahasa, etnis, budaya menjadi satu Bhinneka Tunggal Ika," tutur Tjahjo.

Terpisah, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama seluruh jajaran Pemkot, bersyukur atas penganugerahan terhadap Kota Tomohon sebagai salah satu Kota paling toleran di Indonesia.

"Capaian ini tentu oleh karena adanya kerukunan serta hidup toleran yang telah terbina selama ini, baik ditengah keberagaman agama, maupun ditengah masyarakat Tomohon pada umumnya", ucap Eman.

Eman berharap, "Semoga kedepannya, Kerukunan antar umat beragama dan masyarakat, serta hidup bertoleransi di Kota Tomohon yang juga Kota religius ini tetap terus dibina dan dipertahankan, sehingga terwujudnya masyarakat yang aman, damai dan sejahtera." tutupnya. (micky)

Tidak ada komentar