Breaking News

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkot Gandeng KIM



Tomohon,CM- Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), merupakan revitalisasi dan reaktualisasi dari kelompencapir yang disesuaikan dengan paradigma pembangunan dan pemerintahan dewasa ini, dengan mengedepankan prinsip demokrasi dan good governance.

Hal ini dikatakan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. H.V. Lolowang, M.Sc mewakili Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Kelompok Informasi Masyarakat yang digelar oleh Dinas Komunikasi & Informatika Kota Tomohon bertempat di Rog”s CafĂ© Tomohon, Kamis (29/11).

Pada kesempatan itu Sekot Lolowang memaparkan bahwa sosialisasi KIM di kota Tomohon yang merupakan bagian dari implementasi perwujudan keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanatkan dalam UU no 8 tahun 2008, juga sebagai bentuk diseminasi informasi public sebagaimana disebutkan dalam PerMen Komunikasi dan Informatika RI no 17 tahun 2009 tentang diseminasi informasi nasional oleh pemerintah.

“KIM sebagai mitra pemerintah kota Tomohon merupakan perpanjangan tangan dalam upaya diseminasi informasi publik kepada masyarakat di wilayah kota Tomohon. Kedepan, seiring berkembangnya teknologi dan informasi, melalui Dinas Kominfo Kota Tomohon akan memfasilitasi kelompok ini dengan dengan jaringan internet gratis yang terdapat di kelurahan-kelurahan lengkap dengan aplikasi-aplikasi yang berbasis android, yang bertujuan mempermudah gerak dan langkah kelompok informasi masyarakat yang ada di kota Tomohon.” ujar Lolowang saat membacakan sambutan Walikota Tomohon.

Sebelumnya, Kadis Kominfo Kota Tomohon Hengkie Supit, S.IP dalam laporannya mengatakan,  "Tujuan kegiatan ini adalah untuk Membentuk dan Memberdayakan KIM yg akan menjadi mitra pemerintah dalam penyebarluasan informasi pembangunan, membentuk dan memberdayakan KIM Sebagai mitra dialog dengan Pemerintah Kota Tomohon di tingkat kelurahan, kecamatan maupun kota dan Masyarakat, dan Membentuk dan Memberdayakan KIM Sebagai wahana peningkatan literasi masyarakat dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi serta Membentuk dan Memberdayakan KIM sebagai Penyeimbang Informasi dan penyelaras informasi yg berkembang melalui media informasi baik elektronik, media massa terlebih media sosial." jelas Supit.

Hadir pula dalam kegiatan ini sebagai narasumber Asisten Perekonomian Setda Kota Tomohon Max M. Mentu, S.IP.MAP, Kabid Penyelenggaraan e-government Dinas Kominfo Persandian dan Statistik Prov. Sulut Jhon F. Rembet, SH, M.Si, Ketua relawan TIK Kota Tomohon dan Dosen Prodi Teknik Informatika Fak. Teknik UNIMA Quido Kainde, ST,MM,MT, CHFI, MOS , jajaran Diskomnfo Tomohon serta para peserta sosialisasi keterwakilan dari seluruh masyarakat di kelurahan se-kota Tomohon. (micky)