Breaking News

Mantow Sosialisasikan PUSPAGA, Menuju Keluarga Sejahtera


Tomohon,CM- Pemerintah kota Tomohon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) menggandeng Psikolog Klinis di Sulawesi Utara (Sulut) dalam mensosialisasikan sejumlah program, bertempat di rumah dinas Walikota, Jumat (16/11).

Pada kesempatan itu Dinas P3A kota Tomohon menggandeng  Jenniver Mantow M.Psi Psik, Psikolog Klinis satu-satunya dari kota Tomohon, lulusan terbaik Universitas Kristen Satya Wacana dan Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Mantow pada sosialisasi diberikan kesempatan memperkenalkan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Tumou Tou.

Menurutnya  sosialisasi PUSPAGA Tumou Tou ini sangat bermanfaat guna memberikan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera.


Mengingat permasalahan anak sebagai kelompok rentan menunjukkan keprihatinan kita bersama. Berdasarkan hasil survei prevalensi Kekerasan terhadap Anak yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2013 menunjukkan prevalensi kekerasan yang cukup tinggi. Sekitar 38,62 persen anak laki-laki dan 20,48 persen anak perempuan pada kelompok umur 13-17 tahun menyatakan dirinya pernah mengalami tindak kekerasan dalam satu tahun terakhir. 

Pelaku kekerasan terhadap anak umumnya adalah orang-orang yang dekat dengan anak, seperti orangtua kandung, ibu/ayah tiri, kerabat, guru, dan teman. Di sisi lain, banyaknya permasalahan keluarga yang timbul bagaikan fenomena gunung es, permasalahan yang dapat diketahui hanya sebagian kecil dari puluhan ribu permasalahan yang ada.

Permasalahan keluarga tersebut betul-betul sangat merugikan, menyengsarakan baik secara materil maupun mental bagi anak, orang tua maupun keluarga yang terkena, contohnya banyak anak korban perceraian karena kasus kekerasan dalam rumah tangga yang sangat berpengaruh terhadap pengasuhan yang sangat buruk.

"Kami saat ini sedang menyusun program agar bisa hadir memberikan informasi kepada keluarga-keluarga di Kota Tomohon tentang pola asuh keluarga, perlindungan anak, untuk menekan angka kekerasan pada anak." aku Mantow.

Semoga peran Puspaga ini boleh terasa dalam setiap keluarga di Tomohon. "Please follow facebook "PUSPAGA kota Tomohon" untuk mendapatkan update dari kami mengenai rencana-rencana ke depan, karena kami akan melayani setiap pengaduan yang berkaitan dengan keluarga dan memberikan psiko-edukasi buat para orang tua." ujar Mantow. (Micky)