Breaking News

Dikbud Bersinergi Dengan Polres Tomohon Bentuk Karakter Anak



Tomohon,CM-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah  bekerja sama dengan Kepolisian Resort kota Tomohon melaksanakan Lomba Polisi Cilik tingkat SD/MI dan lomba patroli keamanan sekolah tingkat SMP/MTs se-Kota Tomohon, yang dilaksanakan bertempat di SMP Katolik Don Bosco, 26-27 November 2018.

Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Daerah Kota Tomohon, Dr Juliana Dolvin Karwur MKes MSi melalui Sekretaris Dinas (Sekdis) Ir Royke Tangkawarouw ST MSi mengatakan, Sikap-sikap positif perlu ditanamkan kepada setiap orang sedari anak-anak. Salah satu agenda penempaan, yakni lomba polisi cilik (Pocil) pun dihelat. Guna menciptakan generasi milenial berkualitas dan berkarakter jadi pemantik. 

"Lomba Pocil ini merupakan program kerja sama dari Kadis Dikbud, ibu Dolvin Karwur bersama Polres Tomohon. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman serta pengetahuan soal berlalu lintas. Utamanya ketertiban, tanggung jawab, disiplin dan mawas diri kepada anak sejak usia dini," urai Tangkawarouw.

Sementara Kepala Sub Bagian Perencanaan Kepegawaian dan Hukum Dinas Dikbud, Anderson Padita S.Kom M.Eng menambahkan, kegiatan ini diikuti anak didik utusan 55 Sekolah Dasar (SD) se-Kota Tomohon.

"Kami berharap, melalui kegiatan ini, siswa sedari SD sudah bisa memahami soal aturan-aturan ketertiban berlalu lintas. Bahkan, para Pocil yang ikut lomba bisa menjadi pioner di tengah-tengah masyarakat." aku Padita.

Senada dituturkan, Kapolres Tomohon, AKBP Raswin Bahtiar Sirait SIK SH MSi melalui Kasat Lantas, AKP Dodi Arruan SIK. Kata dia, kegiatan ini memang dilombakan. Menang kalah itu hal biasa. Akan tetapi hal utama yang perlu ditanamkan kepada anak-anak adalah sikap kedisiplinan. Di dalamnya menaati peraturan-peraturan. Sehingga ketika anak-anak Pocil menjadi dewasa, mereka tidak melakukan pelanggaran terhadap ketentuan. Dalam hal ini aturan-aturan berlalu lintas.

"Kiranya, anak-anak Pocil ini bisa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas di sekolah maupun saat berada di jalan raya. Kami berharap, lewat kegiatan ini, masyarakat juga semakin sadar soal Tatib Lantas. Sehingga, ini juga dapat mendukung upaya kepolisian untuk menekan angka kecelakaan berlalu lintas," tandas Arruan penuh asa.

Adapun hasil lomba Pocil Kota Tomohon sebagai berikut. Juara 1, yakni Marchya N Djafar, siswa SD Negeri 2 Tomohon. Juara 2, MarQuenta  Helena Pudjiantoro dari SD Katolik Santa Clara Tomohon. Sedangkan Juara 3 jatuh pada Kimberly Lasut, siswa SD GMIM 1 Kakaskasen. (micky)