Breaking News

54 Lulus SKD Dari 2.332 Pelamar CPNS





Tomohon,CM-Pelaksanaan penerimaan CPNS Tahun 2018 ada 3 tahapan, diantaranya seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar ( SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Dilingkungan Pemerintah Kota Tomohon telah menyelesaikan seleksi administrasi dengan 2.332 pelamar. Namun pada babak kedua yakni  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), hanya 54 saja yang terjaring.

Penerapan nilai ambang batas (passing grade) seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018, cukup tinggi. Alhasil, dari 253 posisi yang disediakan. Tak lebih dari separuh yang bisa ditempati pelamar


Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu.

"Hanya 54 pelamar saja yang lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Mereka yang lulus, nilainya di atas ketentuan yakni, Tes Intelegensi Umum 80, Tes Wawasan Kebangsaan 75 dan Tes Karakteristik Pribadi yakni 143 poin." kata Pontonuwu kepada sejumlah wartawan, Senin (12/11).

Lanjut Pontonuwu, bagi pelamar yang nilainya hampir memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Bisa diakomodir sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Meski begitu, jaminan akan kebenaran wacana tersebut, tak bisa dipastikan pihaknya.

"Memang ada wacana, yang memungkinkan perekrutan bagi pelamar yang hampir mencapai passing grade. Karena, mengingat banyak posisi yang kita buka masih lowong. Tapi semua tergantung pusat," aku dia. (micky)