Breaking News

Petani dan Peternak Dilatih di Tomohon, Hasilkan Produksi Berkualitas



Tomohon,CM-Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah  menggelar Pelatihan Penangkaran Berih Tanaman Perkebunan dan Pelatihan Peternak Babi kepada puluhan petani dan peternak, bertempat di aula pertanian yang di ikuti, Kamis (4/10).

Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE. Ak yang membuka kegiatan ini, dalam sambutannya mengatakan bahwa potensi perkebunan di Tomohon, seperti cengkih 1300 ha, Gula aren 190 ha. "Di sini terdapat salah satu tanaman Palma,  Akel Toumuung disahkan oleh kementerian pertanian hanya terdapat di Kota Tomohon dan sekarang sudah mulai dibudidayakan hingga pelosok Indonesia. Begitu juga penghasil daging babi khususnya di wilayah Tomohon Barat, itu terbukti dari peternak yang mengexport ke luar negeri" jelas Eman. 

“Lewat pelatihan ini kita berupaya untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.Pemanfaatan kelompok sehingga bisa memaksimalkan dan menghasilkan produksi yang berkualitas, sehingga berpengaruh pada pendapatan ekonomi masyarakat," harapnya. 



Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Ir. Vonny Pontoh, MBA menuturkan pada dasarnya kami selalu berupaya memberikan fasilitas dan bibit yang terbaik bagi petani.

"Dengan begitu, upaya memenuhi kebutuhan masyarakat bisa kita penuhi, dan kita juga menyiapkan bantuan berupa Alat mesin pertanian (Alsintan) dan bibit baik ternak babi maupun tanaman perkebunan," jelas Pontoh.

Selaku narasumber dalam pelatihan tersebut yakni Ir. Elsye Tenda dari Balai Penelitian Tanaman Palma, Martje Sumolang dari pemerhati lingkungan, drh. Eudia Kalalo dokter hewan dari PT Malindo, drh Efraim Fatra dari PT Sanbe Farma, serta seluruh peserta pelatihan. (micky)