Breaking News

SMK Familia Launching Techno Park, Sambiki Tomohon Jadi Produk Unggulan



Tomohon,CM- Satu kebanggaan tersendiri buat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Katolik Sta. Familia Tomohon dengan melaunching techno park pertama di Kota Pendidikan ini.

Pada program launching techno park melalui Jurusan Tataboga menciptakan produk baru, dari bermodalkan bahan dasar Sambiki (labu kuning) yang dikemas dengan brand Cisato (Cinta Sambiki Tomohon).

Pada kesempatan itu, Kepala Seksi Pembinaan Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dr Junus Simangunsong yang membuka Launching dan sosialisasi techno park,  bertempat di Aula SMK Katolik Familia Tomohon, Kamis (20/9).

Ini adalah terobosan inovatif dari SMK Familia, "Secara pribadi saya sangat salut dan bangga, dengan inovasi dari SMK Familia mengangkat tentang lokalitas Kota Tomohon, Bahan utama Cisato yakni Sambiki, Jenis sayuran ini tumbuh subur di bumi pertanian yang diapit oleh gunung Lokon dan gunung Mahawu." aku Simangunsong.

Lanjutnya, "Kami memberikan apresiasi karena pada penilaian, peralatan dan infrastruktur sekolah sudah lengkap, para pengajar dan siswa begitu semangat mengimplementasi ide-ide kreatif ini." ketus Simangunsong.

Simangunsong menyarankan, "Semoga kedepannya produk yang kreatif ini, semakin dikenal dan laku dipasaran, namun pekingnganya boleh lebih baik lagi dan tanggal produksi dan expanyernya perlu dicantumkan agar layak serta aman dikonsumsi oleh masyarakat." tutupnya. 

Sementara Kepala SMK Sr. Tetty Sitorus, JMJ, S.Si M.Pd mengungkapkan, " Apresiasi setinggi-tingginya kepada para siswa dengan menciptakan produk olahan dari kekayaan alam atau hasil pertanian Kota Tomohon, yaitu sambiki dengan brand Cisato. Begitu juga para pengajar yang sangat bersemangat dan antusias membimbing dan menghasilkan ide-ide kreatif." terang Sitorus.

"Kami pihak sekolah berharap kepada para siswa menjadi wirausaha yang mandiri dan tangguh di bidang jasaboga, serta di kemudian hari bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang baru." harap Sitorus.

Varian Cisato terdiri dari cake, chips dan puding. Pengembangan ke depan, SMK Familia akan memproyeksikan kue kering berbahan sambiki. (micky)