Breaking News

Kesbangpol Fokus Awasi LSM dan Ormas di Kota Tomohon



Tomohon,CM- Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) terus melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap seluruh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang melakukan aktivitas di wilayah kota Multidimensi ini.

Hal ini disampaikan Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kota Tomohon Theodorus Paat SIP diwakili oleh Sekretaris Badan (Sekban) Drs Djefry Kiling MM mengatakan, pemantauan dan pengawasan ini dilakukan sebagai wujud sinergi dengan seluruh Ormas dan LSM, agar bekerja sebagai mana mestinya dan tidak melakukan penyimpangan.

“Sesuai kebijakan pemerintah dan peraturan yang telah ditetapkan. Kami mengawasi aktivitas agar tidak bertentangan dengan aturan hukum yang berlaku,” ucapnya.

Lanjutnya, Pemerintah sangat menghargai dan menghormati kebhinekaan Ormas dan LSM untuk memilih azas perjuangan yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Sebuah organisasi tentu memiliki tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang diperjuangkan itu, selama tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, kami sangat menghormatinya,” ungkapnya.

Ormas dan LSM telah diatur didalam Undang-Undang (UU) Nomor: 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan. Mekanismenya adalah, untuk Ormas dan LSM di tingkat pusat harus mendaftarkan diri pada Dirjen Kesbangpol di Jakarta. Sementara, untuk Ormas dan LSM di tingkat provinsi harus mendaftar pada Badan Kesbangpol Provinsi, sedangkan Ormas dan LSM di tingkat kabupaten/kota harus mendaftar pada Badan Kesbangpol kabupaten/kota setempat.

“Lebih kusus Ormas dan LSM harus selalu melaporkan setiap kegiatan mereka, baik secara lisan maupun tulisan. Itu wajib hukumnya. Meski saat ini kegiatan mereka masih tergolong aman dan terkendali, namun kami tetap diawasi,” tegasnya.

Sangat diharapkan agar Ormas dan LSM di Kota Tomohon yang belum mendaftar untuk mendaftar ke Badan Kesbangpol. (micky)






Tidak ada komentar