Breaking News

Gosal: Jaringan Pipa PDAM Tomohon Butuh Revitalisasi



Tomohon,CM-Guna mewujudkan Pelayanan Air Bersih kepada seluruh masyarakat pelanggan di Kota Sejuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon dibawah kepemimpinan Direktur Utama PDAM Ir Marthen S Gosal ST, terus melakukan pembenahan.

Gosal menjelaskan,  namun ada sekitar 50 persen air yang diproduksi badan usaha milik daerah di Kota Religius ini, hanya terbuang. Itu disebabkan banyaknya kebocoran pada jaringan. Apalagi usia pipa sudah uzur, yakni kurang lebih 30 tahun. Krusialnya, terjadi pencurian air bersih. Revitalisasi jaringan pipa pun jadi mendesak.

Dikatakannya, kendala-kendala di lapangan sudah dikaji PDAM Tomohon sejak Tahun 2017. Selain permasalahan yang disebutkannya di atas, ada banyak faktor mendasar.

Permasalahan utama bagi PDAM Kota Tomohon kata dia, adalah instalasi sudah tua, sedangkan bahan pipa dari asbes. Kondisi ini membuat banyak pipa bocor. Apalagi seiring pesatnya pembangunan infastruktur di Kota Tomohon, saat ini rata-rata pipa sudah berada di tengah jalan.

"Berdasarkan kajian kami bersama satuan kerja Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Utara, saat ini sangat perlu ada program revitalisasi total pada jaringan PDAM Kota Tomohon. Ini sudah kami sampaikan ke DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah)," tutur Gosal kepada sejumlah media, Selasa (18/9).

Persoalan tersebut pula sudah ia sodorkan dalam pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan. Bahkan sudah disetujui dengan anggaran senilai 100 Juta Rupiah. Apabila program revitalisasi dengan DED (desain enginering development) ini berhasil, Kota Tomohon dipastikannya akan mendapat bantuan dari pusat.

"Kalau ini berhasil, tahun depan kita akan menerima bantuan dari Kementerian PUPR senilai sekitar 35-40 Miliar Rupiah. Kiranya usaha kita bisa berhasil. Sehingga revitalisasi jaringan PDAM Kota Tomohon dapat dilakukan secara total," aku Gosal di ruang kerjanya. (micky)