Breaking News

139 Caleg Kota Religius Ramaikan Panggung Politik Pileg 2019



Tomohon,CM-Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 serentak semakin dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sampai daerah telah menetapkan daftar calon tetap (DCT). Kamis, (20/9).

Begitu juga di KPUD Kota Tomohon akhirnya menetapkan para kontestan Pemilihan Legislatif (Pileg) 139 nama politisi dari 10 partai politik tercantum dalam DCT.

Dalam penetapan DCT tersebut, Ketua KPUD Tomohon, Drs Haryanto J Lasut MAP mengatakan, proses Pileg segera bergulir. Untuk itu, dirinya berharap, semua pihak dapat mengawasi jalannya tahapan-tahapan. Semisal pemasangan APK (alat peraga kampanye) dan pelaksanaan kampanye setiap calon.

"Ekspektasi kami selaku penyelenggara Pemilu, yakni teman-teman parpol, masyarakat dan media bisa mengawasi. Jika benar, nyatakan kebenaran itu. Jika salah, tolong dilaporkan," ujar Lasut.

Soal pengawasan kata dia, KPUD sangat memerlukan bantuan sesama penyelenggara, yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon. Ia menyebut, setiap tahapan, pihaknya tidak bakal meninggalkan jalinan persahabatan dengan Bawaslu.

"Sebab, informasi pengawasan Pemilu sangat bermanfaat bagi kami. Kiranya, teman-teman Bawaslu senantiasa bersinergi dengan KPU. Sehingga, cita-cita kita untuk Pemilu damai, aman dan lancar bisa terlaksana sesuai harapan," tandas Lasut.

Sementara, Komisioner KPUD Tomohon, Robby Golioth ST menekankan, jangan sampai ada ujaran kebencian atau unsur Sara dalam ATK Parpol. Terkait itu, Golioth meminta, semua parpol harus memasukan desain APK, terutama baliho dan spanduk.

"Berdasarkan aturan, desain baliho parpol harus disampaikan terlebih dahulu ke KPU. Ini karena kita akan memeriksa, apakah sesuai ketentuan. Sebenarnya, APK itu intinya, bagaimana calon legislatif (Caleg) menjual visi misi untuk menarik simpati masyarakat. Tentunya tidak mengandung ujaran kebencian dan Sara," ketus Golioth.

Diketahui, penetapan DCT Caleg tersebut dihadiri Komisioner Divisi Pencegahan Bawaslu Kota Tomohon, Irfan Dokal dan stafnya. Terpantau, seluruh perwakilan Parpol peserta Pemilu di Kota Religi turut hadir sekaligus menerima berkas DCT dari KPUD Tomohon. (micky)