Breaking News

Walikota JFE Tinjau Proyek Hibah Air Minum MBR di Wailan



Tomohon,CM-Guna mewujudkan kebutuhan air bersih untuk masyarakat kota Tomohon, Walikota Jimmy F Eman SE Ak didampingi Dirut PDAM Marthen Gosal, anggota DPRD Frets Keles ST, Kabag Humas Michael Joseph SSTP, Camat Tomohon Utara Vonny Montolalu, Lurah dan sejumlah pejabat PDAM Tomohon meninjau secara langsung pekerjaan proyek air minum perkotaan yang bersumber dari dana hibah APBN Kementerian PUPR tahun anggaran 2018 kepada PDAM Kota Tomohon ini, Kamis (23/8).

Hingga saat ini sebagian proyek dana hibah, sebagiannya masih dalam proses penyelesaian pekerjaan, namun sedikitnya ada 101 sambungan meter air bersih khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Kelurahan Wailan Kecamatan Tomohon Utara.

Kepada sejumlah wartawan, disela peninjauan walikota Eman mengungkapkan, dimana proyek MBR yang bersumber dari Kementerian PUPR ini memang mendapat pengawasan dalam pekerjaannya, apalagi proyek pekerjaan diperuntukkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah.

”Pekerjaan proyek tahap dua ini sudah berjalan dengan baik apalagi ini berdampak positif bagi kebutuhan masyarakat yang ada di Kota Tomohon”, ujar Walikota Eman.



Lanjut lanjutnya lagi, ”Dengan adanya sambungan air bersih ini tentu sangat diharapkan pihak PDAM untuk memelihara agar pelayanan air bersih dapat terpenuhi dan dimanfaatkan untuk masyarakat itu sendiri”, tambah Walikota Eman.

Sementara peran aktif  PDAM Kota Tomohon dalam menyediakan sarana air bersih terus dilakukan. Lewat lobi kebijakan yang diinisiasi Pemerintah Kota Tomohon, bersama Kementerian terkait. Sebanyak 681 sambungan khusus Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) sementara direalisasikan.

"Justru dari 681 kita mau bulatkan jadi 700. Peruntukan yang pasti, masyarakat penerima bantuan hibah ini wajib memenuhi syarat," ungkap Gosal.

Dijelaskannya, MBR nantinya hanya membayarkan biaya administrasi sebesar Rp 185 ribu dari biaya pemasangan normal sebesar Rp 964.700. Asalkan, kata dia, daerah tersebut sudah tersedia jaringan pipa.

"Sambil memaksimalkan pembukaan sambungan normal lainnya, kami berharap bantuan ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat akan ketersediaan sarana air bersih," ujar dia.



Terpisah, Sekretaris PDAM Jemmy Supit mengatakan, dari beberapa daerah yang ada di Sulawesi Utara. Tomohon beruntung bisa mendapatkan bantuan hibah ini.

"Ada beberapa Kabupaten Kota yang mengajukan hal ini ke Kementerian. Beruntung lewat koordinasi dan sinergitas, kita mendapatkan jatah. Malahan, tahun lalu, kuota kita sambungan MBR mencapai 1000 lebih," imbuh Supit. 

Diketahui, hingga tengah Mei jumlah pelanggan PDAM di Kota Bunga berjumlah kurang lebih 6800 pelanggan. Dengan target mencapai 8000 sambungan lebih tutup tahun nanti. (micky)

Tidak ada komentar