Breaking News

Seriusi Kartu Tani, Komisi II DPRD Tomohon Sambangi Balikpapan



Tomohon,CM-Terdorong akan faktor produksi yang sangat penting dalam peningkatan produksi dan produktivitas komoditas pertanian adalah Pupuk.

Pemerintah melakukan kebijakan penyediaan pupuk bagi petani melalui subsidi harga pupuk. Dalam pelaksanaanya terdapat permasalahan terkait pengawasan, pengadaan dan penyaluran pupuk, antara lain : belum tepat sasaran, perembesan, kelangkaan, dan kenaikan harga di tingkat petani, untuk mengatasinya pemerintah bekerjasama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. membuat Aplikasi Sistem Informasi Pertanian Indonesia (SINPI) untuk penebusan dan pembayaran pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani.

Terkait dengan hal ini Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kota Tomohon melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Dinas Pangan, Pertanian & Perikanan Kota Balikpapan provinsi Kalimanatan Timur, Selasa 28 Agustus 2018 

Kunker ini dipimpin oleh ketua komisi II DPRD Tomohon Frets Keles didampingi Maria Pijoh, Harun Lululangi, Piet Pungus, Hudson Bogia, Cherly Mantiri, dan Michael Lala dan diterima sekretaris dinas Hj. Mohamad Yusuf beserta staf.

"Dengan kunker ini DPRD kota Tomohon mendapatkan tambahan informasi serta pengetahuan dalam rangka mendorong pemkot Tomohon agar segera mempersiapkan/ melaksanakan pendataan untuk penerbitan/ Pembuatan Kartu Tani agar kesejahteraan petani Tomohon semakin meningkat". kata Keles.

Lanjutnya, "Kehadiran kartu Tani ini bakal menjadi langlah besar keberpihakan pemerintah pada petani. Selama ini petani lebih sering berada pada posisi yang sangat lemah akibat banyaknya pemain dalam bidang pertanian bermodal besar. Pemerintah membuktikan, pemerintah tidak akan meninggalkan petani berjuang sendirian menghadapi segala tantangan. Selama ini para petani pula yang harus menanggung biaya yang paling besar sekaligus keuntungan paling kecil." aku Keles.

Kunker kali ini diakhiri dengan pertukaran cenderamata dan foto bersama. (micky)

Tidak ada komentar