Breaking News

Mahasiswa Papua di Tomohon Siap Sukseskan Pemilu 2019



Tomohon,CM- Jelang Pemilihan Umum Serentak tahun 2019 nanti, Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menyelenggarakan sosialisasi akan Peran Mahasiswa Papua Dalam Demokrasi sebagai wujud Nasionalisme pada Pemilu 2019, bertempat di kelurahan Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara, Minggu (26/8).

Pada kesempatan itu Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon bapak Theodorus Paat SIP, yang didampingi oleh Kepala Bidang (Kabid) Bina Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa Harris Salam, memberikan apresiasi kepada para mahasiswa Papua kerena bisa hadir dalam kegiatan sangat nasionalis ini.

"Apresiasi kepada Mahasiswa Papua yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini, semoga apa yang didapat dan didengar dapat bermanfaat untuk kita. Hal ini guna mewujudkan Pemilu 2019 yang adil, aman serta tangguh. ucap Paat.



Sementara Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Tomohon Drs Harryanto Lasut MAP dalam kesempatan ini menyampaikan, selaku Ketua KPU ingin mengajak teman-teman mahasiswa pemilu untuk menggunakan hak pilihnya di Kota Tomohon.

"Pemilu bersifat nasional, karena berlaku dari sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote, untuk itu kami penyelenggara pemilu menyampaikan kepada para mahasiswa harus ambil bagian didalam pesta Demokrasi dengan cara menggunakan hak pilihnya." ajak Lasut.

Lebih lanjutnya lagi, Intinya para mahasiswa harus terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Papua, jika belum akan kembali untuk mengikuti pemilu di tempat asal sesuai terdaftarnya DPT, karena ada tugas belajar  di Kota Tomohon, untuk itu mahasiswa bisa memberikan hak suaranya di Kota yang berjuluk Kota Multidimensi, dengan mendapatkan formulir A5  dengan arti Pindah Memilih dan masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan.

"Untuk itu kami pihak KPU terus mengajak agar semua Masyarakat yang telah wajib memilih termasuk juga para mahasiswa dari Papua untuk memberikan hak suara pada hari rabu 17 April 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditetapkan. Jadi kami Jangan sampai Golput, jadilah anak bangsa yang nasionalis guna kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)." harap Lasut.



Dalam kesempatan itu para mahasiswa menandatangani pernyataan sikap guna mendukung serta mensukseskan Pemilu 2019 nanti. 

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemkot  dan KPU kota Tomohon atas pelaksanaan kegiatan ini, tentunya kami para mahasiswa siap mensukseskan pelaksanaan pemilu 2019 nanti dengan adil, damai dan nyaman." tutup Kletus mewakili mahasiswa Suku Asmat dan Yalimo saat diwawancara wartawan media ini usai sosialisasi.

Dengan suasana keakraban para mahasiswa, penyelenggara, beserta narasumber melakukan foto bersama. (micky)




Tidak ada komentar