Breaking News

HUT Bhayangkara ke-72, Polres & Anmul Lahirkan Sineas Terbaik Kota Tomohon



Tomohon,CM-Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72, Kepolisian Resort Tomohon menyelenggarakan Festival Film Pendek Tomohon (FFPT), dengan mengangkat tema "Sinergitas Polri dan masyarakat".

Festival ini melibatkan antara lain Polres Tomohon, Dealer Resmi Honda PT. Anugerah Mulia (Anmul) Tomohon bersama Komunitas Penulis Muda Minahasa, MAPATIK).

Ketua Panitia Hut Bhayangkara ke-72 Kepolisian Resor (Polres) Tomohon, Kompol Joyce Maria Wowor, Jumat (6/7).
"Festifal film pendek ini digelar dalam rangka memperingati Hut Bhayangkara. Lewat iven ini, kita mau merangkul publik agar ikut serta dalam peringatan Hut kali ini. Utamanya menyediakan ruang belajar bagi generasi untuk mengembangkan potensi secara kreatif," tutur Wowor.

Dikatakannya, meski waktu yang singkat, ditambah adanya berbagai kegiatan kepemudaan di lingkungan gereja, tapi proses kreatif para komunitas film tetap berjalan. Sehingga event tersebut sukses dan mampu menhasilkan karya film dengan kualitas sesuai harapan. Menurut Srikandi Korps Bhayangkara Kota Sejuk ini, semangat para peserta FFPT II patut diapresiasi. Selaku penyelenggara, pihaknya berharap, event seperti ini akan terus dilaksanakan. Sehingga, potensi film pendek di Sulawesi Utara, khususnya di Kota Tomohon kian menyembul.

"Kami sangat mengapresiasi peserta film pendek. Karya-karya yang dilahirkan sangat luar biasa. Hasil ini tentu akan menjadi motivasi bagi tim-tim komunitas film pendek lainnya," tambah Wowor usai tahapan penjurian FFPT II di Mako Polres Tomohon.

Sementara Graend Palar, S.Pi selaku Branch Manager PT Anugerah Mulia Tomohon Dealer Resmi Sepeda Motor Honda kota Tomohon mengatakan, dukungan ini adalah bentuk dukungan Anugerah Mulia untuk HUT Bhayangkara ke-72 di Polres Tomohon. 

"Kepolisian dalam hal ini Satuan Lalu-lintas Polres Tomohon dengan Dealer Sepeda Motor Honda Anugerah Mulia adalah bagian yang tidak terpisahkan untuk selalu memberikan support dalam kegiatan-kegiatan positif." aku Palar

Lanjutnya, "Digelarnya Festival Film Pendek Tomohon dalam HUT Bhayangkara ke-72 adalah ajang untuk menggali potensi dan bakat para sineas-sineas muda di Kota Tomohon untuk dapat berkompetisi dan mengukur kemampuan mereka menghasilkan karya terbaik.  Meminjam ungkapan bijak Soichiro Honda pendiri Honda “Racing improves the breed”, bahwa diperlukan kompetisi untuk dapat meningkatkan perkembangan dan kemampuan yang dimiliki, seperti itu yang di harapkan dari para sineas Kota Tomohon dengan digelarnya kegiatan ini." kata Palar.

Sebagaimana fungsi dan peran Kepolisian yaitu memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan. Maka diangkat tema “Sinergitas Polri dan masyararakat”. 

"Kepolisian dan masyarakat membutuhkan kerjasama dan bahu-membahu dalam menghasilkan tujuan tercapaianya situasi dan kondisi yang aman. Nilai kerjasama antara Polri dan masyarakat ini perlu dipupuk dan dibangun terus-menerus sehingga menjadi budaya yang baik dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban." tutup Palar.

Adapun di FFPT episode ke-2 diikuti 4 peserta, yakni STM Tecnho Studio, Aurora Studio, Toumuung Film 1 dan Toumuung Film 2. Usai melewati proses penilaian yang cukup alot, akhirnya tim juri memutuskan nama-nama juara. Peringkat 1 adalah STM Techno Studio dengan judul The Hope. Peringkat 2 diduduki Aurora Studio dengan judul Terakhir. Disusul Toumuung Film 1, yang berjudul Choice. Sedangkan peringkat 4, yaitu Toumuung Film 2 bertitelkan Sebuah Pertanyaan.

Diketahui, untuk penyerahan hadiah pemenang FFPT II akan dilaksanakan saat upacara peringatan Hut Bhayangkara ke-72 di Lapangan Polres Tomohon tanggal 11 Juli 2018. Pun karya film pendek dalam FFPT II ini akan diputar di depan umum saat kegiatan Nonton Bareng Final Piala Dunia 2018, Minggu (15/7) mendatang. Tampil selaku Juri Profesional, Jefry Luntungan dan Juri Teknis, Kalfein Wuisan MPd. Sedangkan Juri Apresiatif lainnya, yakni Wakapolres Tomohon, Kompol Joyce Wowor dan Branch Manager Dealer Honda CV Anmul Tomohon, Graend Palar SPi. (micky)

Tidak ada komentar