Breaking News

Hadiri Rakornas Pengelolaan Sampah Rumah, Ini Harapan Moningka Kepada Pemkot dan Masyarakat



Tomohon,CM-Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon Youddy Moningka SIP, bersama dengan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak, didampingi oleh Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kota Tomohon Novi Politon SE, Kepala Badan (Kaban) Keuangan Drs Gerardus Mogi serta Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Michael Joseph SSTP menghadiri rapat koordinasi nasional kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga di Manggala Wanabakti Jakarta. Selasa, (3/4).

Kegiatan yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Rakornas dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup DR Siti Nurbaya serta
turut diikuti oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan, serta perwakilan dari Kementerian PUPR, Kementerian Keuangan dan Kementerian Perindustrian serta Wakil Ketua Komisi 7 DPR RI yang sekaligus menjadi pemateri terkait program Kementerian dari masing-masing serta lembaga.

Pada kesempatan itu menurut Moningka, sampah akan menjadi lawan jika dibuang begitu saja tanpa pengelolaan yang baik. Begitu juga sebaliknya, jika dikelola dengan baik, sampah akan menjadi kawan yang bermanfaat bagi umat manusia. 

“Sampah bisa menjadi listrik, pupuk, atau barang daur ulang. Perlu ada usaha supaya sampah berubah dari lawan menjadi kawan, dari berbahaya menjadi bermanfaat. Kita semua yang bisa mengubahnya. Semua orang harus bertanggung jawab terhadap lingkungan di sekitarnya, baik itu dari pihak Pemerintah dan masyarakat.” terang Moningka.

Moningka berharap, pihak pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Lingkungan Hidup DLH agar terus berupaya mensosialisasikan tentang kebersihan, pengolaan sampah hingga nilai manfaat sampah tersebut.

Ia juga menambahkan, "Agar DLH Kota Tomohon harus menempatkan serta menambah tenaga yang profesional, yang bisa menjamin tidak ada lagi masalah sampah di kota Tomohon, diharapkan semua sampah, termasuk di pemukiman warga dan gang-gang, juga diangkut." pinta Moningka. (micky)

Tidak ada komentar