Breaking News

Hadiri Gathering KPM dan PKH Tombar, SAS Berbaur Bersama Warga



Tomohon,CM – Pemerintah Kota Tomohon melalui Wakil Wali Kota Syerly Adelyn Sompotan menghadiri kegiatan Gathering Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Tomohon Barat yang dilaksanakan di Kompleks Pasar Baru Tara-tara Tiga, Selasa (03/4).

Dalam sambutannya Wawali SAS mengatakan Program Keluarga Harapan adalah program pemberian uang tunai kepada keluarga penerima manfaat berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya.

Program semacam ini kata SAS secara international dikenal sebagai program conditional cash transfer (CCT) atau program bantuan tunai bersyarat. Persayaratan tersebut dapat berupa adanya fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah) ataupun kehadiran di fasiitas kesehatan (misalnya bagi anak balita dan ibu hamil).

“Sasaran PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam data terpadu program penanganan fakir miskin yang memiliki komponen kesehatan dengan kriteria ibu hamil/ menyusui, anak berusia nol sampai enam tahun. Komponen pendidikan dengan kriteria anak SD atau sederajat dan anak usia enam tahun sampai 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun,” ujar Wawali SAS.

Tujuan PKH, lanjut SAS adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan,meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.

“Secara khusus tujuan PKH adalah meningkatkan akses dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi peserta PKH, meningkatkan taraf pendidikan peserta PKH, meningkatkan status kesehatan dan gizi ibu hamil, ibu nifas, Balita dan anak prasekolah serta membantu penyandang disabilitas peserta PKH,” jelas SAS.

Sementara itu Kadis Sosial Kota Tomohon dr John Lumopa, MKes mengatakan untuk Program Keluarga Harapan di Kota Tomohon sudah mencakup seluruh kecamatan hingga kelurahan yang ada. Dan jumlah keseluruhan penerima PKH di Kota Tomohon sampai dengan tahun 2018 berjumlah 4332 KPM. 

“Dan rinciannya Kecamatan Tomohon Barat ada 1003 KPM, Kecamatan Tomohon utara ada 1995 KPM, Tomohon Selatan 990 KPM, Tomohon Tengah 569 KPM dan Tomohon Timur 579 KPM. Dan untuk diketahui mekanisme penyaluran bantuan ini awalnya secara tunai lewat pos dan diterima langsung dalam bentuk uang tunai. Dan sejak 2017 sudah berupa non tunai yang disalurkan lewat Himbara atau Himpunan bank Negara Indonesia,” kata Lumopa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Dinas Sosial sulut, Kadis Sosial Kota Tomohon dr John Lumopa, Koordinator PKH wilayah Sulut Noldy Mangerongkonde, ST dan Camat Tomohon barat Laurentius Kawuwung, Para Lurah di Tomohon barat serta Pendamping PKH dan PKM. (micky)

Tidak ada komentar