Breaking News

Waspada Bakteri Listeria, Liuw Ajak Masyarakat Lebih Teliti Mengkonsumsi Buah & Makanan Impor




Tomohon,CM-Info terkait adanya kontaminasi wabah bakteri listeria di rock melon dari Australia, menimbulkan kekhawatiran sebagian masyarakat Indonesia, salah satunya di Kota Tomohon.

Baru-baru ini yang dikutip dari laman resmi Kementerian Pertanian, Menteri Pertanian memberikan perhatian khusus terhadap kasus ini, dengan mencegah masuknya rock melon dari Australia.

Namun begitu, walau belum ada di Kota Tomohon Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas Kesehatan terus mengecek aktifitas penjualan buah dan makanan yang jual di Pasar Tradisional dan Swalayan.

"Kami Dinas Kesehatan Kota Tomohon, terus mengantisipasi terkait dengan adanya wabah bakteri listeria, bukan hanya di buah-buahan namun semua makanan, apalagi yang telah di Potong-potong dan dikemas dalam satu tempat serta tidak menggunakan Lebel." Ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deetje V. Liuw M.Biomed, kepada wartawan media ini di ruangannya, Selasa (13/03).

Liuw mengimbau serta memperingatkan kepada akan-anak, wanita hamil dan orang tua untuk lebih teliti dalam membeli buah dan makanan, apalagi yang impor. diharapkan agar tidak membeli buah melon yang sudah dipotong, kalau boleh buah yang masih keadaan utuh." ajak Liuw.

Perlu diketahui, Bakteri listeria biasanya ditemui di air dan tanah liat. Karena itu, makanan seperti sayuran, buah-buahan, daging, serta produk susu yang tidak dipasteurisasi berpotensi terkontaminasi bakteri tersebut. Umumnya, literiosis akan menyerang bayi, ibu hamil, lansia, serta orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Akan tetapi, orang dengan kondisi sehat pun dapat terserang bakteri listeria. Hanya saja, efeknya tidak akan berujung serius dan akan sembuh dengan sendirinya.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan risiko terkena listeriosis dalam aktivitas sehari-hari Anda.

1. Belanja dengan aman
Pisahkan daging segar, baik daging sapi, unggas, maupun ikan, dari jenis makanan lainnya, khususnya sayuran dan buah-buahan. Setelah itu, usahakan untuk segera pulang ke rumah untuk  mencuci dan menyimpan makanan Anda dalam lemari penyimpanan dengan baik dan benar.


2. Perhatikan cara menyimpan makanan
Makanan harus disimpan dalam keadaan yang benar untuk mencegah terjadinya penyebaran bakteri listeria. Pastikan temperatur lemari pendingin Anda berada di angka 4 derajat celcius atau lebih dingin lagi. Karena bakteri listeria dapat tumbuh di kulkas, bersihkan segera tumpahan makanan di kulkas, khususnya dari makanan hot dog, daging mentah, atau daging unggas.


3. Masak daging sampai temperatur pas
Anda boleh memasak dan mengonsumsi daging asalkan daging dimasak sampai suhu 165 derajat Fahrenheit atau 74 derajat celcius. Jangan mengonsumsi daging hamburger yang belum matang dengan sempurna. Selain itu, waspada terhadap risiko keracunan pada konsumsi ikan mentah (termasuk sushi), kerang, dan sebagainya.


4. Jangan “sayang” makanan
Banyak orang yang akhirnya mengonsumsi makanan sisa di kulkas karena sayang jika dibuang begitu saja. Padahal, itu bisa membahayakan kesehatan. Karena itu, pastikan makanan yang Anda konsumsi masih berada dalam kondisi segar. Jika makanan sudah lama disimpan meskipun masih bisa dimakan, lebih baik Anda tetap membuangnya. (micky)





Tidak ada komentar