Breaking News

Walikota JFE Mantapkan Program Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Tahun 2018



Tomohon,CM-Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak. membuka kegiatan Sosialisasi dan Pemantapan Program/Kegiatan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Tahun 2018. Kamis, (15/03).

Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan akan terbangun komitmen pengembangan komoditas tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan dan perikanan berdasarkan potensi pengembangan di masing-masing kecamatan. "Dengan harapan kegiatan ini dapat menghasilkan kiat-kiat untuk percepatan pencapaian target-target yang disepakati bersama guna mendukung terwujudnya kedaulatan pangan." jelas Walikota JFE

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon dalam laporannya menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan ini yaitu agar diperoleh keseragaman informasi serta pemahaman dan kesepakatan bersama dalam pelaksanaan program Dinas pertanian dan Perikanan Kota Tomohon dengan mengambil tema Meningkatkan Kesejahteraan Petani.

Pada kesempatan itu Komandan Kodim 1302/Min Letkol. Inf. Jubert Nixon Purnama, S.Th, menjadi narasumber serta memberikan materi Sosialisasi dan Pemantapan Program/Kegiatan Pertanian dan Perikanan Tahun 2018.

Adapun materi yang dibawakan oleh Dandim Purnama adalah, "Peran TNI-AD dalam program mewujutkan ketahanan pangan," meski demikian tugas pokok TNI sesuai amanat UU TNI No, 34 tahun 2004 adalah,

1. Menegakkan kedaulatan negara.

2. Mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD         negara repoblik indonesia tahun 1945.

3. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

"TNI berperan sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan politik negara, hal ini sesuai dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang menyatakan bahwa salah satu program kerja dalam pemerintahannya yaitu membangun ketahanan pangan, program ini bukan hanya melibatkan kementrian pertanian, akan tetapi juga menggandeng TNI khususnya Angkatan Darat," kata Purnama.

Purnama mengatakan, "Mengapa ketahanan pangan itu penting, karena Ir, Sukarno pernah mengatakan bahwa pangan adalah merupakan soal hidup matinya suatu bangsa, apabila kebutuhan pangan rakyat tidak dipenuhi, maka "Malapetaka", oleh karena itu perlu usaha secara besar besaran," jelasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dandim 1302 Minahasa Letkol. Inf. Jubert Nixon Purnama, S.Th., Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit, SH. MH., Wakapolres Tomohon Kompol. Joice Wowor, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc., Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, MBA., Para Kepala Perangkat Daerah terkait dan para utusan dari Perangkat Daerah. (micky)

Tidak ada komentar