Breaking News

Walikota Eman Buka Rangkaian Kegiatan Launching Tomohon Kota Layak Anak



Tomohon,CM-Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak menghadiri sekaligus melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Tomohon yang di rangkaikan dengan Launching Tomohon Kota Layak Anak (KLA), didampingi Ketua DPD LPM Provinsi Sulawesi Utara Drs. Ferdy Suoth, bertempat di Aula Naga Mas Tomohon, Kamis (29/03/18).

Usai melantik pengurus DPD LPM Kota Tomohon, Walikota Jimmy F. Eman, SE.Ak menyampaikan melalui sambutanya bahwa seiring dengan  perkembangan masyarakat yang semakin maju dan berkembang, keinginan akan hadirnya lembaga yang merefleksikan prakarsa dan inisiatif masyarakat yang mampu mendorong pelaksanaan pembangunan di segala bidang semakin meningkat. "LPM yang merupakan bentuk murni partisipasi masyarakat diharapkan untuk mendukung dan membantu pelaksanaan tugas pemerintah daerah dalam menjalankan tugas pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat, lanjut Walikota bahwa keberadaan lembaga tersebut ditengah-tengah masyarakat adalah sebagai jembatan antara masyarakat dengan pemerintah, berguna untuk mengetahui dan memahami permasalahan serta menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat. Mengingat penting dan strategisnya lembaga ini maka dalam penataanya harus dilaksanakan secara seksama dan cermat dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip demokrasi dan upaya peningkatan pemberdayaan  masyarakat." ujar Walikota. 

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara DPD LPM Kota Tomohon dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon tentang percepatan Kota Tomohon menuju Kota Layak Anak dimana DPD LPM Kota Tomohon dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kota Tomohon bersepakat untuk memberikan kontribusi dan berpartisipasi serta melakukan kegiatan yang berkaitan dengan Tomohon Menuju Kota Layak Anak, acara kemudian dilanjutkan dengan Launching Tomohon Menuju Kota Layak Anak tahun 2018.

Walikota menambahkan bahwa Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI telah mendesain dan mensosialisasikan sebuah system dan strategi pemenuhan hak-hak anak yang terintegrasi dan berkelanjutan dengan mengembangkan kebijakan Kota Layak Anak, kebijakan ini merupakan implementasi dari tindak lanjut komitmen dunia melalui WORLD FIT FOR CHILDREN dimana pemerintah juga turut mengadopsi dan mendukung gerakan ini melalui pengembangan Kab/Kota Layak Anak yang dilaksanakan pada era otonomi daerah saat ini.

Masih dalam kegiatan yang sama Walikota memaparkan usaha-usaha yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Tomohon dalam menunjang Kota Layak Anak, diantaranya;

- Pembentukan Gugus Tugas KLA
- Pembentukan Forum Anak Daerah Kota Tomohon
- Pembentukan Forum Anak Kecamatan dan Kelurahan
- Pusat Kreatifitas Anak
- Pusat Pembelajaran Keluarga sebagai tempat Konsultasi Pengasuhan Anak
- Pusat tempat Permainan Anak Wale Kabasaran
- Pembentukan Kelurahan Layak Anak
- Pembentukan Puskesmas Ramah Anak
- Pembentukan Sekolah Ramah Anak
- Pelatihan Konvensi Hak Anak
- Percepatan KIA
- Pelayanan Perpustakaan Keliling
- Zona Selamat Sekolah
- Penyusunan Profil Anak dan Rencana Aksi Daerah (RAD)
- Pembuatan Website Kota Layak Anak

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Kota Tomohon Ladys F. Turang, SE, Ketua Panitia AKP Johny Rumate, S.Sos, Ketua DPD LPM Kota Tomohon yang baru dilantik DR. Rooije Rumende, S.Si, M.Kes, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Kota Tomohon Ronni Lumowa, S.Sos, M.Si, Anggota DPD LPM yang baru dilantik serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon. (micky)

Tidak ada komentar