Breaking News

Walikota JFE Hadiri Forum Digital Indonesia-Australia Yang Dilaksanakan Oleh Kemenkominfo RI


Tomohon,CM-Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE.Ak didampingi Kabag humas dan protokol Michael Joseph, SSTP serta Kabid e-Government Diskominfo Kota Tomohon Klaudius Kalesaran, SH menghadiri acara Indonesia Australia Digital Forum yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Fairmont Jakarta, Kamis (1/2/18). Acara ini dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI Bapak Rudiantara S.Stat MBA dan Pembantu Perdana Menteri Bidang Transformasi Digital Australia Michael Keenan.

Diketahui, Australia dan Indonesia akan memperluas kerja sama di sektor digital melalui inisiatif yang disampaikan di Indonesia-Australia Digital Forum 2018 di Jakarta, hari ini. Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam video singkat bahwa kegiatan ini adalah langkah untuk menghadapi era digital.
Forum ini dirancang untuk menghasilkan jejaring, Kemitraan dan hubungan baru yang akan menguntungkan kedua negara di zaman digital.  Forum digital Australia Indonesia adalah prakarsa Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull pada saat mereka bertemu di Sydney Tahun lalu. 
“Forum ini adalah tindak lanjut dari pertemuan saya beberapa waktu lalu. Era digital akan menantang kita. Karena itu, kita perlu melakukan langkah untuk ke depannya,” kata Jokowi, dalam sambutannya di Grand Hall Fairmont, Senayan, Jakarta.
Presiden Jokowi menyampaikan perkembangan teknologi telah menuntut aktivitas serba digital. Menurut dia, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan kerja sama, sehingga Australia dan Indonesia akan berkembang di bidang teknologi. Saat ini, sektor digital sudah menjadi penyumbang utama perekonomian Australia dan Indonesia.
Menindaklanjuti kegiatan tersebut, 25 pembuat kebijakan terkait dengan digital dari Indonesia akan mempelajari kebijakan keamanan cyber di Australia melalui program beasiswa singkat Australia Award. Australia juga akan mendukung Badan Siber dan Sandi Negara Indonesia yang baru terbentuk dengan menyediakan dua penasihat kebijakan.
Malcolm Turnbull menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah bagian dari kerja sama bilateral antara Indonesia dan Australia di bidang digital. “Ini merupakan kelanjutan dari apa yang kami bicarakan dengan Pak Widodo (Joko Widodo) tahun lalu saat berkunjung ke Australia,” ujarnya dalam video singkat yang ditayangkan di acara tersebut.
Fintech Indonesia dan Australia juga telah meluncurkan aturan kerja sama yang akan mendukung pertukaran bakat dan jaringan teknologi di antara ekosistem fintech mereka yang dinamis.
Melalui dua institusi pendidikan terkemuka di negaranya masing-masing, University of Technology Sydney Australia dan Institut Teknologi Bandung Indonesia, kedua pihak menandatangani nota kesepahaman untuk bekerja sama dalam mendorong lebih banyak perusahaan startup di wilayahnya, juga meningkatkan kehidupan perkotaan yang berkelanjutan, kesehatan, dan kesejahteraan yang warga.
Hadir pada Acara ini selain Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE.Ak hadir juga Walikota Bogor DR Bima Arya Sugiarto dan Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastian SE juga Kabag Humas dan Protokol Michael Joseph SSTP MSi. (micky)

Tidak ada komentar