Breaking News

Tingkatkan Kesejahteraan, Purba Himbau & Ajak Petani Perhatikan Kebersihan

Para peserta kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Pengoperasian Teknologi Perkebunan Tepat Guna (Foto Ist).


Tomohon,CM-Pemerintah kota Tomohon melalui Dinas Pertanian dan Perikanan, mengelar kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Pengoperasian Teknologi Perkebunan Tepat Guna. Selasa, (13/2/18).

Kegiatan ini dihadiri serta dibuka oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE Ak diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Tomohon Max Mentu, SIP. MAP. 

Dalam kegiatan ini juga, Dinas Pertanian dan Perikanan melibatkan Dinas Kesehatan kota Tomohon. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan dr Deesje Liuw M.Biomed melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Moudy S. Pusung, S.Kep, Ns, M.Kes., yang diwakili oleh Kepala Seksi Promosi Kesehatan Benny Purba, SKM., dipercayakan menjadi narasumber dalam  kegiatan Pelatihan dan Bimbingan Pengoperasian Teknologi Perkebunan Tepat Guna tersebut.

Kepada peserta kegiatan, Purba mengatakan para petani harus terus menjaga kebersihan. "Dari sisi tempat produksi dan kelengkapan peralatan untuk petani gula aren di kota Tomohon masih tradisional, dinilai masih kurang layak karena tempat pengolahan masih berada di tengah-tengah perkebunan dengan gubuk/sabuah yang seadanya." katanya. 

Lanjutnya lagi, "Walaupun produk masih sederhana dan tradisional dalam produksi industri rumah tangga, kami mengajak dan menghimbau kepada para petani dalam pengolahan pangan yang baik khususnya dalam mengolah gula aren harus memperhatikan kebersihan seperti alat-alat, tempat produksi. Jika kita memperhatikan hal tersebut pastilah menjadi sehat." ajak Purba.

Selain itu, diketahui bersama para petani gula aren tradisional masih menggunakan cara pengemasan seadanya hanya dikemas dengan menggunakan daun pisang yang sudah kering. " Saya berharap kedepannya dapat dikemas dalam kemasan yang baik dan bagus diantaranya memakai label dan nomor PRD, selain itu selalu menjaga kebersihan, hal tersebut dapat menunjang pemasaran serta meningkatkan produksi sekaligus meningkatkan kesejahteraan para petani gula aren." himbau Purba.

Ia menambahkan jika para petani mau mengurus sertifikat produksi industri rumah tangga sudah dipusatkan di pelayanan satu pintu tapi atas rekomendasi dari Dinas Kesehatan.

Nasumber dari Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Utara Richard Meruntu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir. Vonny Pontoh, MBA., dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon yang diwakili oleh  peserta dari petani pekebun/kelompok tani pekebun yang berada di Kecamatan Tomohon Barat, Kecamatan Tomohon Utara, Kecamatan Tomohon Selatan dan penyuluh pendamping.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu 13-14 Februari 2018 dengan metode yang digunakan dalam proses pelatihan/pembelajaran yaitu ceramah, diskusi panel, sharing dan praktek di lapangan. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh narasumber dari Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Utara Richard Meruntu, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Ir. Vonny Pontoh, MBA., peserta dari petani pekebun/kelompok tani pekebun yang berada di Kecamatan Tomohon Barat, Kecamatan Tomohon Utara, Kecamatan Tomohon Selatan dan penyuluh pendamping. (micky)

Tidak ada komentar