Breaking News

Seke & Nelwan Meninggal Akibat Tengelam, Ini Kronologisnya



Tomohon,CM- Setelah dibawah ke Rumah Sakit Gunung Tomohon dua orang anak perempuan yakni Andreyna Seke (12), warga Matani II, Lingk IX dan Trixie Nelwan, (12) Warga Walian  yang ditemukan tenggelam di kolam renang yang berada di Kawanua Cottage, dinyatahkan telah meninggal.

Keterangan tersebut dikatakan oleh petugas medis, bahwa untuk korban Trixie Nelwan sudah meninggal saat tiba di RS dan untuk korban Andreyna Seke masih terdapat detak jantung namun tidak lama kemudian meninggal dunia karena saat di beri pertolongan pertama jantung sudah tidak dapat merespon lagi.

Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK yang ikut turun langsung bersama jajarannya ke TKP dan di RS. Gunung Maria Tomohon. 

"Saya secara pribadi dan  jajarannya kepada keluarga menyampaikan turut berduka cita sebesar-besarnya, semoga keluarga mendapat kekuatan, ketabahan, dan Penghiburan dari Tuhan." kata Kusmayadi.

Sementara, dugaan awal pihak polres, kedua Korban tidak tahu berenang kerena posisi korban saat ditemukan berada di batas antara bagian dangkal (1,33 M)  dan bagian dalam (1,84 M), selain itu saat berada di dalam kolam renang di duga keduanya melakukan selfie / foto di dalam kolam yang berada di antara bagian yang dangkal dan bagian yang dalam.

Selain itu Barang Bukti yang temukan di TKP diantaranya;

- Kedua buah tas milik korban yang berisikan pakaian korban;

- 2(dua) buah HP milik korban, salah satu hand phone milik korban yang sudah menggunakan pelindung anti air di dapatkan di dalam kolam dimana kedua korban tenggelam;

Pada saat korban telah dibawah di RS. Gunung Maria dan telah dilakukan pemeriksaan saksi, Pemasangan Police Line dan Olah TKP di Kolam Renang Kawanua Cottage. Pihak Polres meminta keluarga untuk kedua korban dilakukan otopsi, namun pihak keluarga menolak.

Berikut keterangan dari kronologis kejadian yang di katakan oleh saksi kepada pihak polres., Pada hari Jumat Tanggal 16 Februari 2018 sekira pukul  15.08 Wita datang seorang lelaki Dewasa bersama 2 orang anak perempuan yang selanjutnya diketahui bernama Frangky Seke (salah satu dari ayah korban), Korban. Andreyna Seke, Korban Trixie Nelwan, selanjutnya masuk ke receptionist untuk membayar karcis renang, selanjutnya kedua korban bersama lelaki Frangky Seke menuju ke kolam renang, kondisi saat itu pengunjung yang ada di kolam renang hanya kedua korban tidak ada pengunjung lainnya.

Tidak lama berselang sekira pukul 15.16 wita ayah korban Franky Seke keluar dari cottage kawanua dengan meninggalkan kedua korban yang berada kolam renang, berselang sekira pukul 15.41wita ayah korban kembali masuk ke Kawanua Cottage dan langsung menuju ke kolam renang dan menemukan kedua korban sudah tenggelam di dasar kolam renang, ayah korban Franky Seke berteriak minta tolong seketika itu lelaki Rion Ishak penjaga Kotage Kawanua saat itu langsung lari menuju ke kolam renang melihat kedua anak perempuan tenggelam, selanjutnya ia langsung memanggil lelaki Marthen Sama untuk menuju ke kolam renang, sesampainya di kolam renang saksi melihat lelaki Frangky Seke sementara melakukan pertolongan pertama terhadap anaknya dengan memompa bagian dada Andreyna Seke, dan Frangky Seke mengatakan bahwa masih ada satu lagi berada di kolam renang, selanjutnya lelaki Marthen Sama langsung masuk ke kolam dan mengangkat korban Trixie Nelwan untuk diletakan di pinggir kolam, menurut keterangan saksi bahwa mereka melihat korban Andreyna Seke yang sementara di pompa oleh ayahnya saat itu korban muntah, mengeluarkan air dan makanan dari mulutnya, sedangkan korban Trixie Nelwan mengeluarkan darah dari hidungnya.

Melihat hal tersebut lelaki Marthen Sama langsung menuju ke Polres Tomohon untuk melaporkan kejadian tersebut, kemudian Marthen Sama langsung balik lagi ke kawanua cottage, sekira pukul 16.07 korban Andreyna Seke di bawah oleh ayahnya Frangky Seke dengan menggunakan kendaraan milik pengunjung yang baru saja tiba di Kawanua Kottage selanjutnya menuju ke RS Gunung Maria kemudian disusul oleh mobil Patroli Polsek Tomohon Selatan yang pada saat itu ada di TKP yang membawa korban Trixie Nelwan ke RS. Gunung Maria.

Dari keterangan petugas medis untuk korban Trixie Nelwan sudah meninggal saat tiba di RS dan untuk korban Andreyna Nelwan masih terdapat detak jantung namun tidak lama kemudian meninggal dunia karena saat di beri pertolongan pertama jantung sudah tidak dapat merespon lagi.

Ini saksi yang berada di Kawanua Cottage,
1) RION ISHAK (Karyawan Cottage)
2) MARTHEN SUMA (Manajer Cottage)
3) ARDANITA TULUNG ( Pengunjung)
4) JHOSUA MAWIKERE (Pengunjung)
5) Franky Seke (orangtua dari salah satu korban)

(Humas Polres Tomohon/MR).

Tidak ada komentar