Breaking News

Cuaca Ekstrim Selimuti Tomohon, Pemkot, TNI-Polri, Berkolaborasi Tonjolkan Sinergitas




Tomohon,CM-Cuaca Ekstrim menyelimuti Kota Tomohon dan sekitarnya beberapa hari, memicu reaksi kekhawatiran pemerintah Kota Tomohon.
Mengantisimasi cuaca ekstrim yang sedang dilanda, Pemerintah kota Tomohon bersama dengan Kodim 1302/Minahasa dan Polres Tomohon, terus menonjolkan Sinergitas.

Kali ini, Pemkot Tomohon diwakili oleh pemerintah kelurahan, bersama dengan Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, SIK,  Pabung Tomohon Mayor Inf Feky Welang, Plh Danramil 1302-06/Tomohon Pelda Denny Paila berkolaborasi meninjau langsung sejumlah titik-titik rawan longsor yang ada di Kota Tomohon.

Sesuai dengan pantauan media ini, Pihak TNI, dan Polres dan jajaran pemerintah kelurahan bersama dengan BPBD kota Tomohon sementara membersikan material longsor di jalan Rurukan- Tondano.

Disela-sela pembersihan material longsor, Kapolres Kusmayadi didampingi Pabung Tomohon Mayor Welang, mengatakan pihak TNI-Polri akan terus berkolaborasi dengan pemerintah dalam berbagai hal, diantaranya penanggulangan bencana.

"Para Babin Kamtibmas beserta Babinsa selalu stand by, memonitor di wilayah masing-masing, dan jika ada bencana yang terjadi selalu dilaporkan keatasan, dan kami terus mendorong mereka (Babin Kamtibmas dan Babinsa - Red) untuk selalu menyatu dengan masyarakat di wilayahnya masing-masing. Lanjutnya, Kepada masyarakat yang ada di wilayah rawan longsor agar selalu waspada setiap saat, mengingat cuaca saat ini tidak menentu. " ujar Kusmayadi bersama Welang.



Kusmayadi menambahkan, pihaknya juga selalu menghimbau  kepada anggota satuan lalu lintas terus memberikan himbauan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menjalankan aktifitas khususnya para pengendara. "Cuaca ekstrim menyelimuti wilayah Sulut,  bebit air meningkat serta disertai  angin kencang, kabut dan kilat, membuat jalan licin juga pandangan mata tidak jauh. Untuk itu, kami mengingatkan untuk selalu waspada, selalu mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara." ucap Kusmayadi.

Sementara ditempat terpisah, Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE Ak, melalui Kabag Humas dan Protokol Setdakot  Tomohon Michael Joseph, SSTP, M.Si menghimbau seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk terus meningkatkan kewaspadaan, apalagi bagi warga yang berdomisili di zona-zona rawan bencana tanah longsor hingga banjir.

“Khusus untuk jalur Tomohon-Manado kami sudah menyiapkan Posko bencana alam 1×24 jam dan menempatkan alat berat yang siap bekerja, “jelasnya.

Ia menambahkan, Pemerintah melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) bersama TNI-Polri telah standby dalam mengantisipasi cuaca ekstrem yang terjadi. (micky)

Tidak ada komentar