Breaking News

Urus Pasport Segera Hadir di 'Wale Kabasaran', Lolowang "Jamu" Tambunan & Sumolang



Tomohon,CM-Sejumlah Inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, terus ditingkatkan oleh pemerintah Kota Tomohon diantaranya dengan mengahadirkan Kantor Pelayanan Publik atau dikenal dengan "Wale Kabasaran", bertempat di kompleks Kantor Walikota Tomohon.

Sejumlah layanan perizinan ada di Wale Kabasaran. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan, transparasi serta kecepatan layanan kepada masyarakat kota Tomohon yang akan mengurus berbagai perizinan serta juga anti pungli.

Dengan mewujudkan komitmen dalam pelayanan ke masyarakat, Walikota  Tomohon  Jimmy  Feidie Eman, SE. Ak  bersama Sekretaris kota Tomohon Ir. Harold V Lolowang. M.Sc, M.Th akan segera menghadirkan fungsi keimigrasian di Wale Kabasaran Pemkot Tomohon.



Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham-RI) wilayah Sulawesi Utara (Sulut) bapak Pondang Tambunan, SH, MH, bersama dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Manado  bapak Friece Sumolang dan didampingi oleh Kapala Lapas Perempuan Tomohon ibu Angriani Hidayat, Kepala Lapas kelas IIB Tomohon Tjhaja Rediantana, beserta jajaran Kemenkumham Sulut dan Imigrasi Kelas I Manado, menyambangi kantor Kabasaran Pemkot Tomohon.

Kunjungan ini diterima serta disambut langsung Walikota  Tomohon  Jimmy  Feidie Eman, SE. Ak  Sekretaris kota Tomohon Ir. Harold V Lolowang. M.Sc, M.Th, didampingi oleh Wakapolres Tomohon Yoice M.I Wowor, beserta dengan jajaran pemkot Tomohon . Rabu, (24/1/18).

Kepada wartawan media ini, Kakan Kemkumham RI Wilayah Sulut  bapak Pondang Tambunan, SH, MH, melalui Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Manado  bapak Friece Sumolang mengungkapkan tujuan akan dihadirkannya pelayanan fungsi keimigrasian di Wale Kabasaran Pemkot Tomohon dari permintaan bapak walikota Tomohon. "Dengan adanya fungsi keimigrasian di Wale Kabasaran Pemkot Tomohon, dapat memudahkan masyarakat kota Tomohon dan disekitarnya baik itu dari Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minsel, dan Kabupaten Mitra, untuk membuat pasport, tidak lagi jauh-jauh ke Manado." jelas Sumolang putra Tomohon.



Lebih lanjut Sumolang mengatakan, "Kami tinggal menunggu dari pemerintah Kota, jika telah menyiapkan fasilitas dan infrastruktur, fungsi keimigrasian akan segera di launching sehingga kebutuhan masyarakat dalam membuat pasport dapat terwujud." Aku Sumolang.

Terkait dengan kecepatan pelayanan, Sumolang menjelaskan sesuai dengan SOP hari itu juga langsung dilayani dengan berkas yang lengkap. Pada saat berkas lengkap kemudian diambil biometrik, sidik jari, setelah itu masyarakat yang mengurus pasport akan membayar administrasi ke bank ataupun ke pos persepsi lalu setelah 3 hari kemudian pasportnya dapat diambil." ungkapnya.



Sementara Sekretaris kota Tomohon Ir. Harold V Lolowang. M.Sc, M.Th mengatakan, "Bahwa turut sertanya pemkot Tomohon dalam mengahadirkan pelayanan Keimigrasian di Wale Kabasaran merupakan komitmen bapak walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE, Ak dan sinergitas antar instansi khususnya dengan kantor Imigrasi dan Kantor Kemenkumham di Sulut. Semuanya guna mendukung serta memberikan pelayanan publik yang Tangguh kepada masyarakat." ujar Lolowang.

Ia menambahkan, "Tentunya program yang sangat inovatif ini, untuk masyarakat. Hal ini juga akan segera di laporkan ke pimpinan, terkait launching akan di laksanakan secepatnya." tutup Lolowang.

Rombongan juga pada kunjungan ini, diberikan kesempatan untuk melihat-lihat seluruh ruang Wale Kabasaran.   (micky)
  




Tidak ada komentar