Breaking News

Pemkot Bersama Polres dan Koramil Tomohon "Sidak" Pasar Beriman Jelang Natal 2017

Tomohon,CM-Menjelang Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 01 Januari 2018 Pemerintah Kota Tomohon melalui Dinas perdagangan (Disperindag) Kota Tomohon bersama jajaran Polres Tomohon melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Beriman, Rabu (20/12/17).

Menurut Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi, SIk pihaknya dan instansi terkait  mengecek langsung kepada para pedagang di pasar beriman terkait harga komoditas menjelang Natal dan Tahun baru. Apakah stabil atau ada indikasi mulai bergerak naik.
Dari hasil sidak, harga komoditas di pasar tradisional Beriman ini mulai menunjukkan tanda adanya kenaikan, bahkan ada beberapa komoditas yang naik hampir seratus persen.
“Kunjungan ini untuk mengecek secara keseluruhan harga-harga komoditas, dan beberapa harga komoditi  mulai tidak stabil. Bahkan ada kecenderungan harga mulai naik untuk beberapa komoditi,” ujar Kusmayadi.
Dari pantauan speednews-manado Kapolres Kusmayadi, Kadis Perindag Ruddy Lengkong, SSTP, Waka Polres AKP Joyce Wowor, Perwira Penghubung Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf Feky Welang mengecek beberapa harga komoditi diantaranya harga daging ayam,telur,Bawang, rica, tomat
Sementara itu ditempat yang sama Kadis Perindag Ruddy A Lengkong mengatakan terkait adanya pergerakkan kenaikan harga yang berbeda di pagi dan siang hari karena pedagang kalau sudah mulai siang sudah banyak yang pulang.
“Nanti kita cek lagi besok untuk pergerakkan harga apakah masih sesuai dengan harga waktu pagi hari atau mengikuti harga yang siang yang cenderung naik disbanding pagi hari,” ujar Lengkong.
Menurutnya untuk harga di Pasar Beriman ini pihaknya mengikuti harga mekanisme pasar hanya saja ketika terjadi kelangkaan atau kenaikkan yang cukup signifikan akan diupayakan untuk operasi pasar bilamana mana angka harga berada diatas harga rata-rata.
Terkait apakah akan ada penindakan untuk pedagang yang menaikkan harga secara sepihak, Ia mengatakan bahwa baru mulai terjadi kenaikan, “kita lihat nanti besok atau lusa apakah masih seperti itu kita akan melakukan operasi pasar,” jelasnya.
Menurutnya lagi sesuai perhitungan pihaknya untuk angka rata-rata untuk kota Tomohon stok terpenuhi tapi ketika ada pembeli dari luar dan inilah yang mengakibatkan stok mulai berkurang dan secara otomatis harga mulai bergerak naik. (micky)

Tidak ada komentar