Breaking News

Jelang Akhir Tahun 2017, Pemkot Berdialog Bersama Forkopimda Dan Wartawan Liputan Tomohon

Tomohon,CM-Pemerintah Kota Tomohon dengan program yang sudah ditetapkan bersama-sama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon akan memberkan terobosan baru, dan ini yang pertama di Indonesia.
Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak saat berdialog bersama Forkopimda dengan wartawan liputan Tomohon dan lembaga lainnya di Rogs Café, Senin (18/12/17).
Pemerintah Kota Tomohon akan memberikan bantuan (diakonia)asuransi ketenagakerjaan kepada masyarakat (BPJS ketenagakerjaan), siapa saja masyarakat yang mampu termasuk jajaran Pemkot Tomohon yang ingin membantukesehatan masyarakat silahkan mendaftarkan diri.
“Ini bukan hadiah natal tapi bentuk diakonia, walaupun tinggal beberapa minggu lagi kita akan mengakhiri tahun anggaran namun terobosoan-terobosan terus dilakukan untuk mengakhiri tahun 2017,” ujar Eman.
Eman menjelaskan kalau kita mencover satu orang per bulan hanya sekitar 17 ribuan dan kalau satu tahun tidak sampai 200 ribu. Dan ini adalah hal yang positif yang menjadi contoh dan model pertama di Indonesia.
Pada kesempatan tersebut Wali Kota juga menyampaikan akhir tahun ini akan dilakukan roling, dan ini bukan menonjobkan dan ini hal yang biasa nanti 3-6 bulan akan dievaluasi dan pada tahun 2018 akan di rolling lagi.
“Kami telah mendapat ijin dari kementrian, dan sudah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) jadi yang masih lowong akan segera diisi,” ujar Eman.
Diketahui dialog ini diawali dengan pemaparan materi dari Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Juberth Nixon Purnama STh yang menjelaskan tentang tugas dan fungsi TNI.
Dikatakannya tugas pokok dari TNI yang didalamnya ada angkatan darat, Laut dan udara yang pasti  TNI dalam menjalankan tugas berpedoman pada Undang-Undang TNI No 34 Tahun 2004.
“Ada empat tugas pokok TNI, yang pertama menegakkan kedaulatan negara,mempertahankan keutuhan wilayah negara kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, melindungi segenap bangsa dari ancaman, gangguan, tantangan yang akan muncul dari dalam dan luar yang mengancam keutuhan wilayah NKRI,” Jelas Dandim Juberth.
Dan darisitulah TNI menjalankan tugas, yakni menegakkan, mempertahankan dan melindungi, berdasarkan tugas tersebut ditarik lebih khusus lagi itulah TNI mempunyai jati diri yaitu sebagai TNI bukan Tentara Sulawesi, bukantentara minahasa, TNI adalah tentara rakyat, makanya ada penyampaian TNI akan kuat jika bersama rakyat karena lahir oleh dari dan untuk rakyat.
Sementara itu mewakili Kapolres Tomohon Waka Polres Kompol Joyce Wowor menyampaikan materi terkait tugas pokok kepolisan berdasarkan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang kepolisian Negara RI Pasal 13 bahwa tugas pokok kepolisian ada tiga yaitu pemeliharaan kamtibmas, penegakkan hukum, pengayom dan pelindung masyarakat.
“Untuk Kamtibmas di Kota Tomohon masih aman dan terkendali walaupun akhir-akhir ini terjadi kasus penganiayaan namun hal tersebut sudah bisa diatasi, dan untuk gangguan kamtibmas menjelang natal yaitu tindak pidana kasus pencurian seperti curanmor, masuk rumah, pencurian dijalan dan inilah kasus yang menonjol dan itu sering terjadi disaat menjelang hari raya,” kata Wowor.
Ketua PN Tondano Jullien Mamahit, SH.MM menyampaikan mengenai tugas dan fungsi dari Pengadilan Negeri yang identik dengan palu.
Lain lagi dengan Kejaksaan negeri (Kejari) Tomohon melalui Kasi Pidsus Putra Mokoagow menyampaikan mengenai  kejaksaan sebagai lembaga Negara yang bertindak di bidang penuntutan dan dapat melakukan tindakan hukum lain yang diatur sesuai undang-undang seperti tindak perkara korupsi.
Sementara Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky Wenur menjelaskan tentang kinerja DPRD dan prestasi yang sudah dicapai selama sejarah DPRD Kota Tomohon. (micky)

Tidak ada komentar