Breaking News

Walikota Eman Serahkan Bantuan Ke Poktan Dalam Pertemuan Dengan KP3



Tomohon,CM-Pertemuan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan efesiensi, efektivitas penggunaan pupuk dan pestisida oleh petani serta pengawasannya. Kota Tomohon saat ini masuk kategori Kota kecil sebab jumlah penduduk dibawa 100.000 namun akan menuju Kota sedang di atas 100.000 penduduk, dimana 70% diantaranya merupakan lahan pertanian, beragam produk pertanian tanaman pangan, holtikulura dan tanaman perkebunan dapat dikembangkan di Kota Tomohon.
Letak Kota Tomohon yang strategis karena dekat dengan Bandara dan Pelabuhan memungkinkan untuk mengekspor komoditi ataupun mengirim ke tempat-tempat di Indonesia.
Hal ini dikemukakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak saat membuka Pertemuan Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kota Tomohon dirangkaikan dengan kegiatan Sosialisasi penguatan kelembagaan pembudidayaan ikan di Kota Tomohon  di Balai Benih Woloan Jumat(24/11/17).
Lanjutnya, Pemerintah telah mengeluarkan Keputusan Walikota no 179 tahun 2017 tentang pembentukan komisi pengawasan pupuk dan pestisida, tugas dan fungsi serta wewenang KP3 adalah membantu Walikota untuk melaksanakan tugas pengawasan peredaran pupuk dan pestisida, mengawasi usaha-usaha dalam rangka pengelolaan pupuk dan pestisida dan melaporkan hasil pengawasan pupuk dan pestisida serta mengkoordinasikan.
“Sampai saat ini juga laporan mengenai pupuk palsu tidak ditemui di Kota Tomohon yang di jual ataupun juga subsidi pupuk tidak tepat sasaran. Teman-teman Pers juga diberi kesempatan untuk mengawal distribusi pupuk tersebut agar berjalan dengan baik dan efektif,” ujar Eman.
Terkait dengan kegiatan sosialisasi penguatan kelembagaan pembudidayaan ikan, Wali Kota Eman mengatakan kegiatan tersebut harus dilaksanakan karena melihat kondisi perikanan di Kota Tomohon saat ini belum dilakukan secara maksimal.
“Salah satunya ialah masing lemahnya infrastruktur kelembagaan perikanan seperti kelompok pembudidayaan ikan pokdakan yang ada di masyarakat. Melihat fenomena di lapangan pokdakan masih banyak yang berstatus pemula sehingga pengelolaan dan pembudidayaan ikan belum optimal.
Sehingga penguatan kelembagaan pokdakan merupakan suatu kebutuhan yang penting untuk meningkatkan sektor perikananan di Kota Tomohon,” tandasnya.
Kesempatan itu Walikota memberikan secara langsung bantuan alat pertanian kepada Kelompok Tani berupa cultivator, hand sprayer, parang, cangkul dan gerobak dorang.
Tampak hadir Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir Vonny Pontoh MBA, Kepala Dinas Perindustrian dan dan Perdagangan Ruddy Lengkong SSTP, seluruh jajaran Dinas terkait serta petani dan penyuluh. (micky)