Breaking News

Walikota Eman Launching Kawasan Produk & Pembinaan Teknologi Industri



Tomohon,CM-Dalam menunjang iven Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang telah masuk kalender tahunan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Kota Tomohon terus berbenah menuju Kota Pariwisata Dunia, segala aspek yang dibutuhkan kian dikembangkan.
Hotel berbintang mulai dibangun di daerah yang sejuk seperti penuturan para wisatawan asing maupun domestik. Begitupun juga membuka akses jalan lingkar selatan yang akan merangsang pertumbuhan ekonomi.
Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak saat menghadiri Launching Kawasan Produk Unggulan Ekonomi dan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri yang dipusatkan di Rumah Panggung Woloan Kamis (23/11/17).
Lanjutnya, kehadiran Asosiasi Perjalanan Wisata (ASITA) Sulawesi Utara merupakan suatu bentuk dukungan kepada Pemerintah Kota Tomohon, saat ini juga mereka boleh menyaksikan proses pembuatan rumah panggung, nantinya ini boleh dijadikan satu paket tur kepada wisatawan yang hendak menggunakan travel agency. Industri rumah panggung Woloan ini telah mengekspor sampai ke daerah Eropa, Amerika dan daerah lainnya ini merupakan keunggulan Kota Tomohon.
“Untuk meningkatkan peran industri kecil dan menengah (IKM),) selain langkah-langkah strategis untuk mendorong pertumbuhan sektor industri secara keseluruhan, juga akan diberlakukan berbagai langkah-langkah kebijakan yang berpihak kepada IKM yaitu, industri yang memiliki keunikan dan merupakan warisan budaya bangsa, IKM perlu ditingkatkan secara signifikan dalam rantai suplai industri prioritas dan pemerintah daerah melakukan perumusan kebijakan, penguatan kelembagaan serta pemberian fasilitas bagi IKM,” jelas Eman.
“Ini menjadi tantangan bagi kita yang mengikuti pembinaan kemampuan teknologi industri untuk dapat melahirkan suatu ide seperti pemanfaatan limbah rumah kayu menjadi suvenir sehingga boleh dibawa pulang oleh para pelancong yang menyambangi Tomohon, keuntungan simbiosis didapatkan dari pihak pemerintah dan masyarakat pelaku usaha dalam sektor pariwisata,” tandas walikota murah senyum ini.
Sebelumnya juga laporan kegiatan dibacakan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Ruddy Lengkong SSTP mengatakan meningkatkan kemampuan dan ketrampilan pengusaha industri kerajinan limbah kayu di Kota Tomohon dalam bidang mutu, disain, produk agar mampu menambah nilai jual, mempercepat proses transformasi teknologi industri kerajinan limbah kayu dalam proses produksi dan manajemen, serta meningkatkan kesejahteraan IKM kerajinan limbah kayu di Kota Tomohon.
Tampak hadir Kepala Bank BRI Cabang Tondano Bapak Levi Ngala, Ketua ASITA Sulawesi Utara Ibu Mary Karouwan beserta rombongan, narasumber Kepala Bidang Disperindag Provision Sulut Alwy Pontoh SE MSi, pelaku usaha rumah panggung, peserta dan jajaran pemerintah Kota Tomohon. (micky)

Tidak ada komentar