Breaking News

Komisi III Ke Surabaya Terkait Pengelolaan Sampah menjadi Energi Baru Terbarukan,



Tomohon,CM-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon melalui Komisi III mengadakan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (03/11/17). Dengan Materi Pengelolaan Sampah menjadi Energi Baru Terbarukan. Sebelumnya Komisi III melaksanakan kunjungan ke Balikpapan .
Rombongan kunker kali ini Dipimpin Ketua Komisi III Ladys Turang, SE (Ketua Komisi) di dampingi oleh Syenni Supit (Wakil), Erens Kereh, AMKL (sekretaris), Dortje Mandagi (anggota), didampingi juga kadis lingkungan hidup Drs.O.D.S.Mandagi dan kadis tenaga kerja kota Tomohon Jeane Bolang,SH dan di terima oleh Kasi.Pemeliharaan Ibu Andini.K.
Pada kesempatan itu Ketua Komisi III Ladys Turang menjelaskan kunker ke Surabaya karena Pemerintah disini dalam hal ini, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya sudah melakukan pengolahan sampah di Tempat pembuangan akhir (TPA) Benowo menjadi listrik ( energi baru terbarukan)
“Ternyata sudah menjadi percontohan cara pengolahan sampah di Indonesia, berdasarkan Perpres 18 Tahun 2016 tentang Percepatan pembangunan Listrik berbasis sampah,” ujar Turang.
Sementara itu Andini membenarkan pengelolaan sampah menjadi energi listrik dilakukan sejak 2015. Proses pengolahan sampah menjadi listrik yang berjalan saat ini menggunakan sistem landfill Gas. Jadi, dari Sanitary Landfill, gas metan yang dihasilkan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik, dan sekarang sudah menghasilkan daya listrik sebesar 2 MegaWatt (Mw)” 
Dengan Kunker kali ini DPRD akan terus mendorong dan menopang pemkot Tomohon agar bisa mengelola sampah menjadi energi baru dan terbarukan agar bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar TPA sehingga pengurangan penggunaan listrik dan gas bisa dilaksanakan”. Tutup Turang yang juga Bendahara Partai Golkar kota Tomohon ini. (micky)

Tidak ada komentar