Breaking News

Wawali SAS Irup Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017



Tomohon,CM-Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017, Pemerintah Kota Tomohon menggelar Upacara Bendera dirangkaikan dengan Penyerahan SK Kenaikan Pangkat ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tomohon bertempat di Lapangan Kantor Walikota Tomohon Selasa (31/10/17).

"Bung Karno pernah menyampaikan: Jangan Mewarisi Abu Sumpah Pemuda, Tapi Warisilah Api Sumpah Pemuda. Kalau Sekedar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan Indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. Tapi ini bukanlah tujuan akhir", ucap Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan selaku Irup  mewakili Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak saat membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017.

Lanjut Wakil Walikota, pesan yang disampaikan oleh Bung Karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda Indonesia. Api Sumpah Pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. Kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa. Kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaan dan kedaerahaan kita. Ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. Kita harus berani mengatakan bahwa persatuan Indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahaan apalagi golongan.

"Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya. Namun, anehnya justru dengan berbagai macam kemudahan yang kita miliki hari ini, kita justru lebih sering berselisih paham, mudah sekali memvonis orang, muda sekali berpecah-belah, menebar fitnah dan kebencian." ujar Sompotan.

Untuk itu "stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. Kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada Bung Karno. Sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang selama ini memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pembangunan kepemudaan Indonesia. Bulan Juli 2017 yang lalu, Bapak Presiden telah menandatangani PP no 66 tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Melalui Perpres ini, peta jalan kebangkitan Pemuda Indonesia terus kita gelorakan. Bersama pemerintah daerah, organisasi kepemudaan dan sektor swasta, kita bergandengan tangan, bergotong-royong melanjutkan api semangat Sumpah Pemuda 1928. Saatnya kita berani untuk kemajuan dan kejayaan Indonesia. 

Diketahui selesai Apel Peringatan Sumpah Pemuda dilanjutkan dengan kegiatan Tabur Bunga oleh organisasi kepemudaan.

Tampak hadir Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miki Wenur, Mewakili Dandim 1302 Minahasa Pabung Tomohon Mayor InfFeky Welang, Mewakili Kapolres Tomohon Kabag Ops Polres Tomohon Kompol Toni Salawati SH, Mewakili Kajari Tomohon Bapak Deri Rahman, Ketua KNPI Kota Tomohon bersama pengurus dan organisasi-organisasi kepemudaan adi Kota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, jajaran pemerintah Kota Tomohon dan hadirin undangan. (micky)

Tidak ada komentar