Breaking News

Terkait Energi Bio Gas, Komisi III Dekot Tomohon Kungker Di Bolmut



Tomohon,CM-Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Bolaangmongondow Utara (Bolmut) Sulawesi Utara (Sulut), Selasa (26/9/17).

Ketua Komisi III Ladys F. Turang yang memimpin rombongan tersebut mengungkapkan, tujuan kunjungan kerja ini untuk menjalankan program nawacita dari Presiden Joko Widodo, salah satunya mencipatakan energi terbaru yakni Energi Bio Gas. “Bio Gas ini adalah pengolahan Energi dari sampah-sampah atau kotoran ternak menjadi listrik atau gas,” ungkap Turang.

Kabupaten Bolmut adalah salah satu kabupaten di indonesia yang sudah menjalankan program Energi Bio Gas ini, bahkan sudah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, berupa alat untuk mengolah sampah dan kotoran ternak. “Jadi kami berkunjung untuk melihat secara langsung pengolahan sampah dan kotoran ternak menjadi Energi Bio Gas,” jelas Turang.

Melalui kunker ini, Komisi III DPRD Tomohon melihat, Kota Tomohon berpotensi untuk program Energi Bio Gas ini, karena di Kota Tomohon ada pasar yang mempunyai volume sampah yang banyak serta usaha peternakan yang lumayan banyak. “Saya dan teman-teman Komisi III akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja, supaya membuat proposal untuk di aujukan ke Pemerintah Pusat,” beber Turang.

“Jika program ini bisa jalan, sampah atau kotoran hewan ternak Sapi, Ayam atau Babi di Kota Tomohon, akan di olah menjadi Listrik atau Gas, yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat Kota Tomohon,” jelasnya.

Dikatakanya, program ini akan berdampak sangat baik bagi masyarakat Kota Tomohon. “Selain mengurangi penggunaan Gas Elpiji dan Listrik, volume sampah akan berkurang dan sisa kotoran ternak yang sudah melewati pengolahan, dapat langsung di jadikan pupuk,” tukasnya.

Hadir dalam Kunker, wakil komisi Syenni Supit, sekretaris komisi Erens kereh, Dortje Mandagi sebagai anggota, Sekretariat DPRD F.F Lantang dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Jeane Bolang. (micky)

Tidak ada komentar