Breaking News

Pemerintah Dan Masyarakat 'Siap' Budidayakan Salak Lahendong

Tomohon,CahayaManado.co.id-Buah salak sangat disukai oleh masyarakat baik anak-anak sampai orang dewasa. Di Sulawesi Utara ada 2 Daerah penghasil buah ini, diantaranya Desa Pangu, Ratahan, Mitra. Ada juga di Kecamatan Tagulandang, Sitaro.

Namun Di Kota Tomohon yang dijuluki Kota Multidimensi, tepatnya di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, terdapat beberapa hektar pohon Salak yang tak kalah manis dengan yang dihasilkan dari Pangu dan Tagulandang.

Menanggapi hal ini, Lurah Lahendong Selfie F Datu, S.pd mengungkapkan di Kelurahan Lahendong ada beberapa masyarakat yang membudidayakan tanaman ini, kedepannya kami Pemerintah akan mengajak masyarakat lainnya untuk membentuk kelompok atau kelompok yang telah ada, agar dapat membudidayakannya. Sehingga masyarakat akan menghasilkan penghasilan tambahan jika sudah Penen." ujar Datu.

Lanjut Datu, secara pribadi kami Pemerintah juga memberikan apresiasi kepada salah satu masyarakat yakni Keluarga Marthen Datu-Mende yang mau membudidayakan, berbagi ilmu terkait cara pembudidayaan tanaman buah salak ini, serta mempromosikan bahwa di Kota Tomohon ada Kelurahan yang membudidayakan buah salak, salah satunya pada saat Pawai Pembangunan dalam rangka Dirgahayu RI Ke-72 tahun 2017 lalu.

Ia menambahkan, "Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Walikota Tomohon Jimmy F Eman, SE.Ak bersama Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan yang mensuport Pemerintah Kelurahan bersama masyarakat Lahendong untuk membudidayakan tanaman buah salak ini." Tutup Datu. (micky)

Tidak ada komentar