Breaking News

Perppu Ormas Disahkan, Kesbangpol Tomohon Tingkatkan Pengawasan Secara Intensif

Tomohon,CahayaManado.co.id - Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu telah mengesahkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan (Ormas).

Perppu tersebut merevisi aturan dalam UU Nomor 17 tahun 2013 tentang Ormas.

Pasalnya, Ormas merupakan bagian integral perjuangan bangsa. Apalagi, ormas berperan penting dalam membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan dan mencapai cita-cita kemerdekaan.

Menanggapi hal tersebut, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) seluruh daerah mengawasi, mengantisipasi, gerakan separatisme. Khususnya, Pemerintah Kota Tomohon melalui Badan Kesbangpol dibawah kepemimpinan Kepala Badan (Kaban) Jusak Toar Pandeirot, S.Pd MM, mengungkapkan, “sejauh ini memang belum ditemukan keberadaan ormas yang menganut paham radikalisme apalagi separatis di Kota Tomohon, namun kami tetap waspada” pungkas Pandeirot kepada wartawan media ini, Senin (24/7).

Pandeirot menuturkan, saat ini pihaknya terus mendata dan memantau aktifitas ormas-ormas. Apalagi Pemerintah Kota Tomohon sedang mempersiapkan hajatan TIFF 2017. "Jika ada yang belum terdata, sangat diharapkan untuk melapor dan mengurus perizinannya ke pemerintah." ujar Mantan Kabag Pemerintahan.

Guna mengantisipasi penyalahgunaan ormas, Kesbangpol fokus melakukan pengawasan secara intensif.

Saat ini Pihaknya Kota Tomohon bersama dengan Polres Tomohon, dan Kodim 1302/Minahasa melalui Koramil 1302-06/Tomohon terus berkordinasi mendeteksi potensi penyalahgunaan ormas yang mengarah ke radikalisme. (Micky)

Tidak ada komentar