Breaking News

Dubes Vatikan Tabiskan Mgr Benedictus Esthepanus Rolly Untu MSC Sebagai Uskup Manado

CahayaManado.co.id – Umat Katolik Keuskupan Manado telah memiliki uskup yang baru yakni Uskup Mgr Benedictus Esthepanus Rolly Untu MSC, menggantikan Uskup Mgr Joseph Theodorus Suwatan MSC yang melayani Keuskupan Manado selama 27 tahun.

Kelompok pertama ratusan putra-putri altar (PPA) dan para diakon. Rombongan kedua para imam. Rombongan ketiga uskup terpilih bersama para uskup. Di belakangnya ada duta besar dan kardinal.



Liturgi tahbisan dimulai. Dimulai dengan nyanyian Roh Kudus. Pengajuan uskup terpilih pun dilakukan. Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr. Antonio Guido Filipazzi menanyakan surat resmi dari tahta suci serta janji kepada Uskup Rolly Untu MSC dihadapan Tuhan dan kepada umat katolik.

Saat prosesi Litani dalam misa penahbisan, seluruh umat berlutut sedangkan Uskup Rolly Untu meniarap. Puncak ritus tahbisan Uskup dilakukan penumpangan tangan dan doa tahbisan oleh para Uskup yang hadir. Prosesi ritus tersebut berlangsung hening dan khidmat.  Prosesi ritus tersebut sudah ada sejak abad pertama Masehi. Ada dua pokok doa yakni penumpangan tangan dan doa tahbisan oleh para uskup.



Usai mengucapkan janji, Uskup Mgr Rolly Untu mengikuti ritus pelengkap. Dia diberi perlengkapan seperti minyak krisma, kitab injil, cincin, mitra dan tongkat.

Selanjutnya, Mgr Rolly Untu menduduki takhta uskup. Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu resmi menjadi uskup Keuskupan Manado. Kardinal, duta besar dan semua uskup yang hadir mengucapkan selamat.

Umat Katolik yang hadir mengantre untuk memberikan ucapan selamat diiringi pujian, kepada Mgr Benedictus Esthepanus Rolly Untu MSC usai mengikuti serangkaian prosesi penahbisan di Stadion Maesa Tondano, pada Sabtu (8/7). (MR)

Tidak ada komentar