Breaking News

Fokus Melayani Masyarakat, Pemkot Tomohon Berikan Pelatihan Kepada Aparatur Pemerintah Kelurahan.

Tomohon, CahayaManado.co.id - Pelatihan ini sebagai bentuk implementasi tugas dan peran aparatur pemerintah kelurahan dan kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat dan berkualitas, sehingga tidak menimbulkan keluh kesah dari masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan oleh aparatur kelurahan dan kecamatan terkesan lamban dan bertele-tele.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman,SE.Ak  saat membuka kegiatan pelatihan Aparatur Pemerintahan Kelurahan dalam bidang manajemen Pemerintah Kelurahan se-Kota Tomohon di Tulip Inn Guest House, Senin (19/6/17).

Dijelaskannya dalam melaksanakan urusan pemerintahan dilaksanakan oleh perangkat daerah, dalam hal ini khususnya perangkat kecamatan yaitu kelurahan, yang dipimpin oleh seorang kepala kelurahan atau disebut lurah dan mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dalam penyelenggaraannya dilaksanakan oleh lurah dan para aparatur yang ada dikelurahan, yang memiliki tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Kegiatan pelatihan ini diharapkan juga agar dalam merencanakan dan melaksanakan program kegiatan manajemen pemerintahan  kelurahan senantiasa berorientasi kepada pelayanan public dan kepentingan masyarakat, namun tidak lepas dari konsep pembangunan yang ditetapkan oleh Pemkot Tomohon,” ujar Eman.

Oleh sebab itu, pemerintah kelurahan harus benar-benar siap dan mampu untuk mengelola setiap potensi yang ada dalam lingkungan masyarakat, serta harus cepat dan tanggap dalam memperhatikan segala sesuatu yang dibutuhkan masyarakatnya, dalam rangka mewujudkan Program EMAS Periode 2016-2021 oleh Walikota dan Wakil Walikota Tomohon yaitu E-Government, Merubah Wajah Kota, Akselerasi Pembangunan dan Smart City Services.

“Saya menyambut baik kegiatan pelatihan ini bagi aparatur pemerintahan kelurahan dikarenakan aparatur kelurahan merupakan ujung tombak dari pemerintah untuk melaksanakan tugas dan fungsinya selaku aparatur pelayanan masyarakat, sehingga diperlukan kompetensi bagi aparatur yang ada di kelurahan dan kecamatan untuk dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” tandasnya.

“Saya yakin dan percaya, dengan dilandasi sikap disiplin yang baik, paham akan hirarkisme tugas dan loyalitas kepada pimpinan serta memiliki dedikasi yang tinggi akan tugas yang dibebankan, maka para aparatur pemerintahan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik dan bertanggung jawab,” tutup Eman.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Daerah Kota Tomohon dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan serta pelatihan menyangkut tugas pokok dan fungsi aparatur kelurahan dan dalam rangka peningkatan kualitas bagi aparatur pemerintah kelurahan agar memiliki kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara bertanggung jawab dalam bidang keuangan sehingga mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Lalu dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc dan Asisten Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang dan diakhiri dengan penyematan tanda peserta serta foto bersama masing-masing kecamatan.

Turut hadir Asisten Umum Novi A H Politon SE dan seluruh peserta terdiri dari unsur kelurahan se Kota Tomohon yaitu Kepala Seksi atau Sekretaris Kelurahan. (micky)

Tidak ada komentar