Breaking News

Cari Solusi Penyebab Banjir, Korengkeng Tinjau Pesisir Danau Tondano.

Minahasa, CahayaManado.co.id - Sekertaris Daerah Kabupaten Minahasa Jeffry Korengkeng didampingi Kadis PU John Kusoy, Selasa, (20/6/2017) menelusuri daerah aliran sungai (DAS) Tondano dengan menggunakan perahu milik nelayan, guna meninjau keberadaan DAS hingga ke lokasi pintu air Tonsea Lama, Kecamatan Tondano Utara.

” Kami sengaja menelusuri DAS hingga ke Pintu Air guna mengecek penyebab banjir yang kini masih menggenangi sebagian wilayah pesisir Danau Tondano,” ujar Korengkeng kepada ESN.

Dari hasil penelusuran tersebut, lanjut dia, kondisi ketinggian air di pintu air Tonsea Lama cenderung normal karena airnya sudah turun sekitar satu meter. ” Ini yang mengherankan bagi kami, karena banyak yang menyebut penyebab banjir di sejumlah wilayah pesisir karena tingginya debet air di pintu air Tonsea Lama,” jelas Korengkeng.

Diapun mensinyalir penyebab debet air danau Tondano masih tinggi dikarenakan kondisi danau yang besar tapi hanya satu DAS yang tersedia.

” Selain hanya satu DAS, mungkin saja kondisi dibawah DAS sudah dipenuhi endapan lumpur dan sisa sisa sampah maupun material bangunan yang dibuang ke DAS, tapi nanti kita akan teliti lagi,” tutup Korengkeng. (MR)

Tidak ada komentar