Breaking News

Kembangkan Minat & Motivasi Pemuda, Pemkot Tomohon Gelar Pelatihan Kewirausahaan.

Tomohon, CahayaManado.co.id - Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menghadiri sekaligus membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan pemuda yang dilaksanakan di Alamanda Lokon resort Kelurahan kakaskasen Satu, Jumat (5/5/17).

Kepala Kepemudaan dan Olahraga kota Tomohon Theodorus J.P. Paat, S.IP dalam laporannya mengawali acara ini mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan minat dan motivasi pemuda untuk terjun ke dunia wirausaha dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi, pemasaran serta jejaring kemitraan bisnis serta mengembangkan kemampuan wirausaha muda dalam upaya pengembangan kewirausahaan di kalangan pemuda.

Wakil Wali Kota SAS saat membacakan sambutan Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman,SE.Ak mengatakan bahwa peran strategis pemuda memang tidak dapat diabaikan, paradigma sebagai kategori sosial mengindikasikan adanya pengakuan/penghargaan terhadap potensi pemuda baik secara kuantitatif dan kualitatif.

“Pemuda juga memiliki aneka talenta yang dalam kaitannya dengan kepeloporan bela Negara, kewirausahaan, teknologi tepat guna, social budaya serta kelautan terkait dengan potensi-potensi sumber daya alam dan bidang strategis di Indonesia, dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan nasional,” ujar SAS.

Wawali menambahkan, kewirausahaan pemuda perlu dikembangkan untuk mendorong kemandirian pemuda dibidang ekonomi, mengingat tingkat pengangguran di Indonesia cukup tinggi.

“Di Tomohon jumlah pengangguran terbuka adalah 5.418 jiwa dan pengangguran pemuda berjumlah 4.756 jiwa, jadi sekitar 88% penganguran yang ada di kota Tomohon adalah pemuda dan potensi dari jumlah pemuda yang ada di kota Tomohon 21% dari jumlah jumlah pemuda Kota Tomohon yaitu 21.873 jiwa,” kata Wawali.

“Untuk itu diharapkan dengan kegiatan ini pemuda di kota Tomohon dapat meningkatkan kemampuan dalam wirausaha agar telaksanan sesuai dengan tujuan dan sasaran pengembangan pemuda yang telah ditetapkan, dan khususnya dapat memberikan makna dan manfaat bagi pemuda yang telah memberikan kontribusi dan partisipasinya dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan Negara,”pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan ini para narasumber Kabid Pemberdayaan Pemuda Dinas Kepemudaan dan olahraga Provinsi Sulut Cherry maringka, SE , pelaku Wirausaha Armando Loho, S.kom , jajaran Dinas kepemudaan dan Olahrasga Kota Tomohon serta peserta pelatihan. (micky)

Tidak ada komentar