Breaking News

Hadiri Apel Gelar Pasukan Patuh Lokon 2017, JFE Ajak Pengendara Ranmor Disiplin, Tertib & Safety.

Tomohon, CahayaManado.co.id - Kepolisian Resort (Polres) Tomohon melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi “Patuh Lokon 2017” di halaman Mapolres Tomohon, Selasa (9/5/17).

Kapolres Tomohon AKBP Monang Simanjuntak, SIK selaku pemimpin Apel saat membacakan sambutan dari Kepala Korps. Lalu Lintas Polri Drs. Royke Lumowa, MM mengatakan bahwa keselamatan berlalulintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting, dari data jumlah kecelakaan lalulintas operasi patuh tahun 2016 sebanyak 2.542 kejadian mengalami peningkatan 132 kejadian dibandingkan periode yang sama tahun 2015 sebanyak 2.410 kejadian.

“Secara umum dari hasil evaluasi tersebut, dominasi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran surat-surat kendaraan, penggunaan safety belt dan pelanggaran terhadap rambu/marka jalan. Untuk itu, melalui penyelenggaran operasi patuh ini, diharapkan akan tercapai beberapa tujuan seperti terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalulintas, turunnya angka kecelakaan, berkurangnya titik kemacetan serta terwujudnya situasi dan kondisi Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran (kamseltibcar) lantas yang mantap.”ujar Kapolres

Selanjutnya, Walikota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak dalam sambutannya mengatakan bahwa operasi patuh ini adalah aksi simpatik yang dilakukan oleh jajaran polisi dalam hal ini satuan lalu lintas untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan, dan tujuan utamanya untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri.

“Operasi yang digelar selama 14 hari mulai selasa 9 Mei sampai 22 mei ini demi menurunkan pelanggaran lalulintas, melakukan tindakan preventif sedini mungkin, persuasive dan penegakan hukum pengendara kendaraan bermotor agar disiplin, tertib dan safety.” Tegas Walikota JFE.

Lanjutnya, “Operasi ini lebih menekankan pada penindakan, karena sesuai informasi Kapolres bahwa semua sosialisasi telah selesai dan berjalan dengan baik, dan melalui operasi patuh ini akan dilaksanakan penindakan pada hal-hal yang kurang tentunya kepada para pengendara kendaraan bermotor." Ujar Walikota JFE.

Selaku Pemerintah, Walikota berharap agar kesiapan-kesiapan dari seluruh stakeholder lalulintas baik dari pihak kepolisian, TNI dan pemerintah kota tomohon untuk bisa bersinergi untuk mendukung kesiapan operasi patuh lokon tahun 2017 ini agar berlangsung sukses.

"Kami memberikan apresiasi kepada jajaran Polri terlebih khusus Polres Tomohon atas kesigapan dalam tugas sehingga angka korban meninggal dalam kecelakaan lalulintas keseluruhan dapat menurun dari tahun 2015 sejumlah 26.495 orang dan pada tahun 2016 menurun dengan jumlah 25.859 orang." Ucap Walikota JFE.

Pada kesempatan itu juga Walikota memberikan apresiasi kepada Kapolres Tomohon dan jajarannya, karena saat ini pada upacara Hardiknas nanti akan dilaksanakan Launching Patroli Polisi Sahabat Anak dengan dukungan 1 unit kendaraan yang merupakan salah satu langkah maju dari pihak polres Tomohon dalam rangka memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang polisi dan pemahaman sedini mungkin kepada anak-anak tentang keselamatan berlalulintas di jalan.

Diakhir sambutannya Walikota berharap agar kiranya Kota Tomohon dan jajaran Polres Tomohon akan menjadi terdepan dapat menjadi contoh dan berkat bagi kepolisian yang lain di jajaran polda Sulawesi Utara.

Peserta Apel diikuti dari jajaran Polres, TNI, Dinas Perhubungan Kota Tomohon serta Pol PP. Hadir dalam apel gelar pasukan ini dari unsure Forkopimda Kota Tomohon Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky J. Wenur, Dandim 1302 minahasa diwakili oleh Pabung Tomohon sekaligus Danramil Tomohon kapten Inf. Feky Welang, Kajari Tomohon yang diwakili kepala Seksi Tindak pidana Hukum Ibu Rani Saskia, SH.MH, Kabag Humas dan Protokol Christo P. Kalumata, SSTP serta seluruh jajaran polres Tomohon. (micky)

Tidak ada komentar