Breaking News

Wujudkan Program Emas, Dinas Pertanian Paparkan sejumlah Agenda Kerja Tahun 2017.

Tomohon, CahayaManado.co.id - Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon menggelar kegiatan Desiminasi Program TA 2017 yang dilaksanakan di Restoran Rog’s Kolongan Satu Tomohon tengah, Rabu (5/4/17).

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Ir Vonny Pontoh MBA mengatakan maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk penyebaran informasi terkait program dan kegiatan Distanakan tahun 2017. “Tujuannya adalah agar diperoleh keseragaman, kesepahaman informasi tentang program yang akan dilaksanakan selang tahun 2017,” jelas Pontoh.

Ditempat yang sama Assisten I Bidang Kesejahteraan Rakyat Dra Truusje Kaunang mewakili Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman saat membuka kegiatan tersebut mengatakan Diseminasi adalah suatu kegiatan yang ditujukan kepada individu atau kelompok sasaran agar mereka memperoleh informasi yang timbul kesadaran menerima dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut.

“Diseminasi merupakan tindakan inovasi yang disusun dan disebarkan berdasarkan sebuah perencanaan yang matang dengan pandangan jauh kedepan baik melalui diskusi atau forum lainnya yang sengaja diprogramkan sehingga terdapat kesepakatan untuk melaksanakan,” tutur Kaunang.

Dijelaskannya, perubahan dari perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi yang cepat disertai dinamika sosial dan politik akan mempengaruhi pilihan strategis komunikasi dan diseminasi informasi publik. Dalam konteks strategis komunikasi dan diseminasi informasi public prinsip komunikasi adalah tercapainya bagaimana kepentingan pemerintah dan masyarakat bertemu.

Sebagai salahsatu leading sektor dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan tentunya sektor pertanian yang didalamnya termasuk pertanian tanaman pangan, holtikultura, peternakan, perkebunan dan perikanan memegang peranan penting sehingga penetapan program dan kegiatan harus benar-benar mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran.

“Memasuki tahun 2017 secara nasional ada tiga program pertama yang harus didukung dan disukseskan baik dari tingkat pusat,provinsi dan kabupaten/kota bahkan sampai ketingkat desa dan kelurahan, yaitu 1. Upaya khusus (Upsus) pengembangan padi, jagung dan kedelai (Pajale).2. Upaya khusus pengembangan cabe. 3. Upaya khusus pengembangan sapi induk wajib bunting,” ungkapnya.

Selain itu kata Kaunang melalui program EMAS Pemkot Tomohon yaitu E-Government, Merubah wajah kota, Ekselerasi pembangunan dan Smart city memberikan factor pertanian khususnya bidang holtikultura untuk itu dibutuhkan dukungan dan keseriusan guna mewujudkan Tomohon Kota Bunga dan suksesnya pelaksanaan TIFF 2017.

“Untuk tercapai bertemunya kepentingan pemerintah dan masyarakat beberapa langkah yang harus diperhatikan diantaranya tujuan, identifikasi pesan, target audiens, media yang akan digunakan, motivasi penyampaian pesan serta dampak, sehingga ukuran sukses sebuah program bukan hanya pada penyampaianya tetapi sejauh mana program itu dipahami, dilaksanakan, dievaluasi serta mampu memecahkan masalah yang dihadapi,” jelas Kaunang.

“Untuk itu diharapkan para peserta dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin sehingga dapat meneruskan, melanjutkan program dan kegiatan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon tahun 2017 ini melalui informasi kepada seluruh lapisan masyarakat, stakeholder maupun perangkat terkait lainnya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Tomohon Utara, Tomohon Barat dan Tomohon Timur, para peserta dari instansi terkait Kominfo, Bappelitbangda, Humas, serta peserta inti dari media cetak dan elektronik, Plt sekretaris dinas, para Kabid dan Panitia pelaksana kegiatan. (micky)

Tidak ada komentar