Breaking News

Fokus Tingkatkan Pembangunan, JFE Prioritaskan Tahun 2018 Dengan Tujuh Keunggulan.

Tomohon, CahayaManado.co.id - Rapat Perumusan Rancangan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kota Tomohon tahun 2018 melalui aplikasi e -Planing, digelar di Hotel Mercure Manado. Jumat, (7/4).

Kepala Badan Perencanaan Penelitian Pengembangan Daerah (BAPELITBANGDA) Kota Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi mengatakan kegiatan ini merupakan tahapan pematangan rancangan RKPD Kota Tomohon Tahun 2018. Dalam perumusan ini tentunya ada hal-hal yang perlu diselaraskan bersama Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

"Secara spesifik rencana daerah termuat dalam RPJMD 2021, dan RKPD ini nantinya berproses dengan dibuat perwako selanjutnya di review oleh unsur inspektorat dan dimasukan di Bappeda Pemprov", Kata Liuw.

Lebih lanjut dijelaskannya RKPD menjadi dasar dalam setiap APBD, artinya RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan tahunan yang disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD).

"Kegiatan ini akan berlangsung 7 - 9 April 2017", terang Liuw.

Kesempatan itu para perangkat daerah melakukan presentasi segala program perumusan.

Menanggapi akan presentasi para perangkat daerah, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengharapkan dalam perumusan RKPD mengedepankan sinergitas antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi bersama pemerintah pusat.

Diungkapkannya segala program perangkat daerah semuanya harus disampaikan, karena dengan dipresentasikannya program-program yang ada akan diketahui dan dalam perumusan nanti program yang penting akan dimasukan dalam perumusan rancangan RKPD.

"Pada intinya semua program unggulan dan inovasi dari perangkat daerah yang dirumuskan dalam RKPD pastinya akan berdampak pada kemajuan serta kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon", ucap Eman.

Ditegaskannya prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon Tahun 2018 secara umum tidak berbeda dengan prioritas sebelumnya, karena Pemkot tetap fokus pada tujuh prioritas pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD Tahun 2016 - 2021 dan program EMAS.

Tujuh prioritas pembangunan daerah Kota Tomohon yakni.

- kemandirian ekonomi dan daya saing,

- penanggulangan kemiskinan, pengangguran, permasalahan sosial dan penyelenggaraan ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat,

- pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup,

- penanggulangan bencana dan penataan ruang,

- pariwisata dan budaya,

- pembangunan infrastruktur,

- kualitas birokrasi dan tata kelola kwalitas SDM.

Sebelumnya Sekretaris Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc mewakili Walikota Tomohon saat membuka kegiatan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan penyelarasan substansi antar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tomohon Tahun 2016 - 2021 dan program prioritas pembangunan tahun 2018 dengan usulan program kegiatan perangkat daerah sesuai hasil Musrenbang melalui hasil aplikasi e-planing.

Hadir dalam rapat para asisten, para perangkat daerah, kepala BUMD, serta perwakilan staf pelaksana di tiap perangkat daerah.

Kegiatan rapat perumusan yang berlangsung selama dua hari tersebut dihadiri juga Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan. Disamping pelaksanaan rapat, melalui panitia melakukan berbagai agenda seperti gala diner serta kegiatan kebersamaan atau keakraban Jajaran Pemkot Tomohon. (micky).

Tidak ada komentar