Breaking News

Genjot Persiapan, Koramil 1302-06/Tomohon 'Siap' Gelar Kegiatan Pemberdayaan Koramil Model.



TOMOHON, CahayaManado.co.id –Komando Rayon Militer (Koramil) 1302-06/Tomohon yang di Komandoi oleh Kapten Inf Feky Welang, pada tahun ini terpilih menjadi Koramil Model Se-Komando Resort Militer (Korem) 131/Santiago. Untuk mengawali hal tersebut Koramil Model 1302-06/Tomohon akan melaksanakan kegiatan Pemberdayaan Koramil Model selama tiga hari yakni dari tanggal 29-31Maret 2017 yang akan diikuti 70 peserta.

Komandan Koramil (Danramil) Model 1302-06/Tomohon Kapten Inf Feky Welang, kepada wartawan media ini mengatakan sebagai penyelenggara pihaknya terus mempersiapkan agar pada hari pelaksanaan nanti berjalan dengan lancar. “Sebelum masuk pada hari pelaksanaan kegiatan pemberdayaan Koramil Model pada Triwulan pertama tahun anggaran 2017 ini, kami terus menggenjot segala macam persiapan kelompok kerja, diantaranya mempersiapkan Pangkalan dan materi. Tentunya yang kita inginkan program ini berjalan sesuai aturan, lancar serta sukses.” Ujar Welang.

Lanjutnya, kegiatan Pemberdayaan Koramil Model ini merupakan upaya mewujudkan kemampuan aparat kewilayahan untuk melaksanakan fungsinya dalam rangka meningkatkan kemampuannya guna menunjang pelaksanaan tugas pembinaan teritorial dilapangan.

“Koramil 1302-06 merupakan Koramil Model Kodim 1302/Minahasa adalah bagian dari satuan pelaksana komando kewilayahan dan sebagai ujung tombak pelaksana pembinaan wilayah. Selain melaksanakan tugas pokoknya, Koramil model juga bertugas menyelenggarakan pembekalan pelatihan bagi prajurit yang baru masuk ke satuan Komando kewilayahan (Satkowil) sebagai bekal melaksanakan tugasnya dilapangan sebagai Babinsa, Sehingga Babinsa senantiasa mampu mengimbangi dinamika kehidupan masyarakat di Wilayah binaannya.” Jelas Welang.



Sementara di tempat terpisah, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1302/Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama, S.Th mengungkapkan Koramil 1302-06/Tomohon telah menjadi Koramil Model jadi harus menjadi contoh bagi Koramil lainnya baik dalam rangka pembinaan teritorial maupun dalam rangka pembinaan satuan. “Pemberdayaan koramil model harus didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap yang maksimal guna mendukung setiap pelaksanaan kegiatan. Sebab Koramil Model sebagai pengembangan peningkatan kemampuan Babinsa serta merupakan Koramil percontoh bagi Koramil yang lain,” ujar Dandim Purnama.

“Pembekalan materi yang diberikan harus dikuasai oleh setiap aparat Kowil, sehingga mahir dalam melaksanakan Binter diwilayah, serta pengembangan kreatifitas, inovasi dan inisiatif dari aparat terus ditingkatkan guna mendukung dinamika tugas yang semakin komplek. Dalam mempercepat peningkatan pelaksanaan Binter oleh seluruh aparat teritorial di daerah diperlukan peningkatan ketrampilan seluruh aparat komando kewilayahan, untuk itu Koramil model harus didayagunakan untuk menatar serta memberikan tuntutan kepada aparat komando kewilayahan yang ada maupun personel yang baru masuk satuan komando kewilayahan. Tolak ukur keberhasilan dalam pendayagunaan Koramil model dapat terlihat dengan maksimalnya aparat teritorial/Babinsa dalam melaksanakan Binter.” Kata Dandim Purnama.

Dandim Purnama menambahkan, Pembinaan Teritorial merupakan salah satu tugas pokok dan tangung jawab satuan teritorial yang di lakukan oleh aparat kewilayahan atau babinsa untuk mengolah potensi wilayah (geografi, demografi dan kondisi sosial) untuk kepentingan pertahanan negara. Untuk itu perlu pembekalan sehingga kualitas satuan teritorial sebagai ujung tombak selalu handal dalam menghadapi tugas serta memiliki kecakapan dalam melaksanakan tugas. (micky)

Tidak ada komentar