Breaking News

Ambon Tuan Rumah HPN 2017, Dengan Tema ‘Pers dan Masyarakat Maluku Bangkit dari Laut’.

NASIONAL, CahayaManado.co.id ~ Ambon ditunjuk sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) yang akan diselenggarakan 6-10 Februari 2017 mendatang. Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Sabtu (4/2).mengaku bersyukur dan bangga dengan penunjukan tersebut.

Masyarakat Maluku, kata Zeth, siap menyambut rombongan yang akan menghadiri HPN 2017. Masyarakat Maluku siap menyukseskan perhelatan HPN. Pihaknya telah mengumpulkan pemilik hotel agar memberikan pelayanan yang maksimal.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Dewan Pers dan PWI yang teleh memberikan kepercayaan untuk Maluku. Persiapan saat ini rampung 100 persen. Dari 34 provinsi di Indonesia, ada 32 yang ikut. Sebanyak 700 orang menghadiri HPN di Ambon. Persiapan tidak hanya dilakukan oleh panitia namun juga oleh masyarakat Maluku di Ambon,” kata Zeth dalam perbincangan bersama Radio Republik Indonesia (RRI).

Peringatan HPN 2017 akan dihadiri oleh awak media dari dalam negeri maupun luar negeri, Duta Besar, pejabat negara. Oleh sebab itu, HPN menjadi momentum untuk mempromosikan pariwisata bahari dan budaya Maluku. Diharapkan pariwisata Maluku semakin menggeliat.

Selain itu, melalui HPN 2017, momentum pembuktian bahwa Maluku aman. Meski pada 1999 terjadi kerusuhan di Maluku, namun saat ini masyarakat Maluku hidup aman dan berdampingan. HPN 2017 mengambil tema ‘Pers dan Masyarakat Maluku Bangkit dari Laut’.

Acara puncak HPN 2017 pada 9 Februari akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Pameran budaya dan hasil kerajinan tangan khas Maluku juga turut merayakan HPN 2017.

selain itu Presiden akan memberikan penghargaan kepada 9 Insan pers,"Penghargaan ini sebagai wujud apresiasi dan pengakuan komponen pers nasional kepada kiprah baik media pers nasional dan insannya selama ini," kata Margiono, Penanggung jawab HPN,

Budiono Dharsono mendapat penghargaan kategori Pelopor Media Siber. Selain dia, ada Peter F Gontha untuk kategori Pelopor Berita Televisi Swasta, Ilham Bintang untuk kategori Pelopor Infotainment.

Presenter Indonesia Lawyers Club Karni Ilyas mendapat penghargaan kategori TalkshowBerita, sementara Andy F Noya untuk kategori Talkshow Inspiratif Filantropi.

Penghargaan juga diberikan kepada lembaga media. Surat kabar Kompas terpilih menerima penghargaan kategori Humanisme Kebangsaan, Majalah Berita Tempo untuk kategori Jurnalisme Investigasi, Radio Suara Surabaya untuk kategori Jurnalisme Warga, dan Majalah Femina untuk kategori Majalah Wanita.

"Media dan indiividu itu dipilih karena kegigihan, konsistensi dan kreatifitasnya dianggap telah memelopori isi media. Mereka juga dianggap telah menjalankan fungsi pers dengan baik," kata Margiono.

Panitia HPN sudah memutuskan kelak akan memberikan penghargaan Kepeloporan di bidang media secara berkala setiap tahun. "Untuk memotivasi insan media agar dapat terus berkiprah lebih baik," ujar Margiono.(RRI/CahayaManado.co.id)

Tidak ada komentar